Stok Menipis, Harga Bawang Putih di Madiun Meroket 100%

Larangan impor akibat wabah virus corona berdampak pada mahalnya harga bawang putih.

Stok Menipis, Harga Bawang Putih di Madiun Meroket 100% Seorang pekerja membersihkan bawang putih di Pasar Besar Kota Madiun, Kamis (6/2/2020). (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN — Harga bawang putih di pasar tradisional di Kota Madiun naik yang sangat tinggi hingga 100%. Saat ini harga bawang putih mencapai Rp60.000/kg dari sebelumnya Rp30.000/kg.

    Stok bawang putih di pasaran juga sudah mulai menipis. Bahkan di pusat penjualan bawang putih di Pasar Besar Kota Madiun kini hanya tersisa sekitar tujuh karung atau 140 kg saja.

    Pedagang besar bawang putih di Pasar Besar Kota Madiun, Lis, mengatakan sebagian besar bawang yang ia jual adalah bawang impor dari China. Kebijakan pemerintah yang menghentikan impor bahan makanan dari China akibat wabah virus corona membuat pasokan bawah putih terhenti. Stok barang di tokonya kini menipis.

    Tulang yang Diduga Fosil Hewan Purban Ditemukan di Madiun

    Padahal, sebagian besar pedagang bawang putih di Pasar Besar mengulak dari kiosnya. “Ya ada sebagian pedagang yang sudah tidak memiliki bawang putih, karena stoknya memang menipis. Itu di gudang tinggal 7 karung,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com, Kamis (6/1/2020).

    Lis menuturkan harga bawang putih kini dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp60.000/kg. Harga ini naik 100% dibandingkan harga bawang putih dua pekan lalu.

    “Saya terakhir kulakan ya dua pekan lalu. Setelah itu enggak kulakan lagi. Karena memang tidak ada barangnya,” jelas dia.

    Bakal Jadi Ikon Baru Kota Madiun, PeceLand Mulai Dibangun Tahun Ini

    Pedagang bumbu dapur di Pasar Besar Kota Madiun, Prapti, menyampaikan saat ini bawang putih memang cukup sulit didapat. Kondisi ini membuat harganya meroket.

    Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono, membenarkan harga bawang putih dalam sepekan terakhir naik cukup tinggi. Data yang dia himpur, harga bawang putih Rp40.000/kg.

    “Harga ini bisa saja terus mengalami kenaikan. Karena memang stoknya lagi sulit,” kata dia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.