Sudah 300 Hektare Hutan di Jatim Terbakar, BPBD Minta Warga Waspada

BPBD Jatim merilis data hutan dan lahan di jatim yang terbakar hingga Agustus tahun ini mencapai 300 hektare.

Sudah 300 Hektare Hutan di Jatim Terbakar, BPBD Minta Warga Waspada Kebakaran hutan di Jawa Timur. (inews.id)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) mengimbau warga mewaspadai ancaman kebakaran hutan. Pasalnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jatim sepanjang tahun ini mencapai 300 hektare (ha).

    “Sampai pertengahan Agustus ini, sudah 300 ha hutan yang terbakar. Maka ini harus diwaspadai. Jangan sampai meluas, apalagi menimbulkan korban,” kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban Wahyudiono, Jumat (21/8/2020).

    Ia menyebut karhutla memang kerap terjadi tiap tahun. Dua daerah yang menjadi langganan karhutla terbanyak yakni di Banyuwangi dan Nganjuk. Namun, Suban tidak menyebut rinci berapa luas lahan yang yang terbakar di dua daerah tersebut. Menurutnya, tahun ini karhutla sering terjadi di dua daerah itu.

    "Beberapa kali ada di Nganjuk, Banyuwangi," ujar Suban.

    Pencari Madu Diduga Menjadi Penyebab Kebakaran Hutan Lawu

    Melansir detik.com,  Jatim memiliki 1,3 juta hektare lahan Perhutani. Kendati telah ada 300 hektare lahan yang terbakar, Suban berharap tidak akan meluas hingga melebihi tahun lalu. Di tahun 2019, luas lahan dan hutan yang dilalap api mencapai 23.000 hektare. "Semoga tahun ini agak lebih sedikit. Sampai hari sudah 300 sekian hektare yang kebakar," imbuh Suban.

    Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jatim disebut sudah melewati puncak musim kemarau. Suban menyebut BPBD Jatim juga telah menyiapkan peralatan menghadapi karhutla.

    Peralatan itu seperti mobil tangki air hingga sepeda motor telah disiagakan. Yang mana untuk menangani karhutla di wilayah dataran rendah dan medan yang mudah terjangkau. "Tapi kalau seperti tahun lalu itu di ketinggian 1.000-1.500 mdpl di tebing rasanya kemiringan 60 derajat susah dijangkau. Makanya kemarin pinjam heli dari TNI," pungkasnya.

    BENCANA PONOROGO : 10 Kecamatan Rawan Kebakaran Hutan



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.