Tips Belajar Efektif Ala Penerima Beasiswa di 11 Universitas Top Dunia

Ada enam langkah untuk belajar secara efektif versi Parama Suteja.

Tips Belajar Efektif Ala Penerima Beasiswa di 11 Universitas Top Dunia Tips belajar efektif ala Parama Suteja (Youtube/@Parama Suteja)

    Madiunpos.com, MADIUN – Nama Parama Suteja pernah menjadi buah bibir berkat prestasinya meraih beasiswa dari 11 universitas top dunia. Pemuda asal Solo, Jawa Tengah, ini akhirnya menjatuhkan pilihannya untuk meneruskan studinya di Harvard University.

    Dalam kanal Youtube-nya, @parama suteja, ia membagikan video mengenai kehidupannya di Amerika Serikat, pengalaman pribadinya, hingga tips untuk sukses di bidang pendidikan.

    Dari sekian banyak video yang ia unggah, ada satu video Parama yang memaparkan tips belajar efektif. Ia menjelaskan ada 6 tips serta bonus 1 tips paling efektif yang bisa dicontoh oleh para penontonnya.

    Tips Ringan Bersepeda yang Aman Saat Pandemi

    Apa saja tips belajar efektif menurut Parama Suteja? Seperti dikutip Madiunpos.com dalam kanal Youtubenya, Rabu (8/7/2020), berikut ulasannya.

    1. Tentukan tujuan yang jelas

    Ketika belajar kita harus tahu tujuan apa yang ingin dicapai. Tujuan yang jelas misalnya dalam bentuk nilai "ingin mendapat nilai 80, 90 atau 100". Tujuan ini harus ditentukan di awal agar langkah selanjutnya bisa dikerjakan dengan baik.

    2. Hilangkan gangguan

    Jauhkan diri dari godaan saat belajar. Godaan itu misalnya berupa gawai atau handphone maka ketika belajar posisi gawai harus berada jauh dari kita. Jadi sebelum belajar terlebih dahulu mencari tahu hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar.

    Ini Tips Minum Kopi yang Sehat, Bisa Pakai Mentega Lho!

    3. Membuat rencana belajar

    Berdasarkan pengalaman pribadinya, ia memiliki rencana bulanan, rencana minggunan, dan harian. Salah satu contoh pengaplikasiannya misalnya ketika ia sudah mengetahui apa saja ujian yang harus ia hadapi dalam satu bulan itu, maka ia akan tahu setiap minggunya hal apa yang harus ia siapkan. Ia juga tahu setiap harinya harus belajar apa saja.

    4. Gunakan metode pembejaran yang cocok

    Parama menjelaskan ada 3 metode pembelajaran yaitu visual, auditory, kinestetic. Metode visual berkaitan dengan indra penglihatan. Auditory berkaitan dengan metode belajar melalui indra pendengaran serta kinestetic melalui gerakan. Setiap orang bisa memiliki metode belajarnya yang berbeda dengan lainnya. Hal ini berkaitan dengan kecocokan cara untuk memahami ilmu.

    Ini 5 Tips Dapat Beasiswa dari Universitas Ternama Di Luar Negeri

    5. Kelilingilah diri kamu dengan orang yang positif

    Maksud dari orang yang positif seperti orang yang memiliki sifat rajin atau orang yang hebat. Ini penting karena orang sekitar dapat mempengaruhi kepribadian kita. Parama menjelaskannya menggunakan salah satu ungkapan yang berbunyi “Kamu adalah rata-rata dari 5 orang yang sering menghabiskan waktu dengan kamu.”

    6. Ingat alasan kenapa kalian memulai

    Ketika rasa malas menggoda maka dengan mengingat alasan untuk memulai kita bisa mengalahkan rasa malas itu. Hal ini bisa memotivasi kita untuk belajar lebih giat lagi.

    Ini Tips Ringan Agar Masker Bekas Tak Sebarkan Virus

    7. Metode Feynman

    Menurut metode ini, cara belajar yang paling efektif adalah ketika kita bisa menjelaskan kepada orang lain dengan bahasa yang lebih sederhana. Metode ini dapat digunakan untuk memastikan apakah kita sudah memahami dengan benar pelajaran itu.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.