KISAH INSPIRATIF : Ingin Tahu Siapa Tukang Stel Velg Pertama Kali di Kota Gadis?

KISAH INSPIRATIF : Ingin Tahu Siapa Tukang Stel Velg Pertama Kali di Kota Gadis? Lie Hien Thay, Warga Kota Madiun pelopor stel velg sepeda motor. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

    Kisah inspiratif orang yang satu ini berasal dari keturunan Cina. Ia menjadi pelopor stel velg sepeda motor pertama kali di Kota Madiun.

    Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Tak banyak barangkali orang yang mengawali profesi dengan spesifikasi tertentu. Namun, lelaki ini memberanikan diri membuka profesi yang jarang digeluti orang-orang kala itu, yaitu stel velg sepeda motor.

    Lie Hien Thay, demikian nama asli pelopor stel velg legendaris di Kota Madiun ini. Orang-orang biasa memanggilnya Koh De. Sejak 40 tahun silam, lelaki dua putra ini telah membuka praktik stel velg sepeda motor di Jl Mayjen Sungkono 64 Kota Madiun.

    “Saat itu saya menyewa gubuk kecil Rp2.000/ tahun di depan jalan ini. Orang-orang banyak yang mencibir, siapa yang mau stel velg sepeda motor,” ujar Koh De mengenang awal-awal perjuangannya saat berbincang dengan Madiunpos.com di kediamannya, Rabu (4/2/2015).

    Tahun 1976 ketika Koh De membuka usaha itu, istilah stel velg terdengar asing di telinga. Hari-hari tanpa konsumen menjadi pemandangan yang lumrah. Beruntung, Koh De bukan manusia mudah menyerah. Ia terus meniti usahanya itu perlahan namun pasti.

    “Anda bayangkan, tahun 1976 kala itu jumlah kendaraan sepeda motor bisa dihutung dengan jari. Enggak seperti sekarang,” jelas lelaki berusia 60 tahun ini.

    Selepas empat tahun lewat, usaha stel velg Koh De mulai menemukan jalan terang. Koh De mendapatkan pelanggan meski hanya dari kalangan tertentu dan orang-orang kaya pemilik sepeda motor. Dari situlah, Koh De mulai yakin usaha stel velg bakal booming.

    Awal 1980 – 1990-an, usaha stel velg Koh De “meledak” seiring dengan jumlah pemilik sepeda motor yang kian banyak. Para bikers pun mulai ramai memperbincangkannya. Perbincangan mereka tentang sepeda motor bahkan serasa belum afdhol jika belum berkunjung ke bengkel stel velg Koh De.

    “Saya sampai bisa beli rumah dan buka usaha di teras. Karena saat itu benar-benar masa booming stel velg,” ujarnya.

    Kesuksesan Koh De inilah yang kemudian membuka jalan terang bagi warga di Madiun. Jumlah bengkel khusus stel velg mulai bermunculan bak cendawan di musim hujan. Meski penuh persaingan, namun nama Koh De sebagai pelopor stel velg di Kota Gadis [Sebutan untuk kota perdagangan Pendidikan dan Industri], tak akan hilang dari ingatan.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.