2 Bulan Tak Hujan, 4 Kabupaten di Jatim Ini Alami Kekeringan Ekstrem

Sebanyak empat kabupaten di Jawa Timur alias Jatim mengalami kekeringan ekstrem setelah dua bulan tak ada hujan.

2 Bulan Tak Hujan, 4 Kabupaten di Jatim Ini Alami Kekeringan Ekstrem Ilustrasi kekeringan.

    Madiunpos.com, SIDOARJO -- Sebanyak empat kabupaten di Jawa Timur alias Jatim mengalami kekeringan ekstrem setelah dua bulan tak ada hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi serupa terjadi di beberapa kabupaten lainnya.

    Berdasarkan pantauan pos hujan yang di terima dari BMKG Stasiun Klimatologi Malang, empat Kabupaten di Jatim yang mengalami kekeringan ekstrem itu yakni Bangkalan, Bondowoso, Pamekasan, dan Sampang.

    "Ada beberapa daerah yang sudah lebih dari 60 hari berturut-turut tidak mengalami hujan atau masuk dalam kriteria kekeringan ekstrem seperti di di Kabupaten Bangkalan, Bondowoso, Pamekasan dan Sampang," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, seperti dilansir Antara, Jumat (21/9/2020).

    Ia menjelaskan selain empat kabupaten itu, sejumlah kabupaten/kota lainnya juga perlu mewaspadai adanya kekeringan ekstrem. Sebab, di wilayah itu memiliki jumlah hari tanpa hujan antara 31-60 hari.

    Lagi, Satu Pria Lansia di Ponorogo Meninggal Dunia karena Covid-19

    "Perlu diwaspadai untuk sebagian kabupaten yang sudah 31-60 hari berturut-turut tidak mengalami hujan atau masuk dalam kriteria sangat panjang. Seperti di Kabupaten Banyuwangi, Lumajang, Mojokerto, Pamekasan, Probolinggo, Sidoarjo dan Trenggalek," terang Teguh.

    Kendati demikian, sejumlah wilayah di Jatim secara umum mengalami hari tanpa hujan (HTH) dengan kriteria pendek dan sangat pendek.

    "HTH di Jatim umumnya kriteria sangat pendek hingga pendek. Hal itu terjadi pada distribusi hujan dasarian II Agustus 2020," tutur dia.

    Sedangkan, distribusi curah hujan dasarian II Agustus 2020 di Jatim pada umumnya memiliki kriteria rendah dan menengah.

    "Curah hujan dasarian III Agustus 2020 Provinsi Jawa Timur (deterministik) pada umumnya diprakirakan berkisar kurang dari 50 mm dengan peluang (probabilistik) lebih dari 90 persen," ujar dia.

    PGRI Surabaya Tolak Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.