3 Bukit Kapur di Jawa Timur Yang Punya View Keren Banget

Beberapa daerah di Jatim memiliki objek wisata yang cantik dengan memanfaatkan bukit bekas penambangan kapur.

3 Bukit Kapur di Jawa Timur Yang Punya View Keren Banget Bukit Jaddih di Bangkalan. (Instagram/@wecarebangkalanmadura)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wilayah bekas penambangan seringkali menawarkan keindahan tersendiri. Jika dikelola dan dipoles dengan baik, lahan bekas penambangan bisa jadi destinasi wisata alam buatan yang tak kalah menarik dengan yang alami.

    Seperti yang dilakukan oleh sejumlah daerah di Jawa Timur yang menggarap potensi wisata di bukit bekas penambangan kapur yang tak terpakai. Ternyata, bukit kapur ini menyugukan spot pemandangan bagus dan instagramable bagi wisatawan.

    Misalnya di Gresik. Beberapa wisata batu kapur di Gresik sudah terkenal dan banyak dikunjungi dari dalam maupun luar negeri. Batu-batu kapur tersebut menyisakan pahatan yang indah dari aktivitas para penambang sebelumnya.

    Deretan Surga Wisata Bawah Laut Terpopuler di Indonesia

    Karena potensi wisata bukit kapur ini bagus, beberapa pihak mulai serius menggarapnya. Misalnya Wisata Alam Gosari (Wagos) dan Bukit Kapur Sekapuk Setigi. Selain di Gresik, ada sejumlah wisata bukit kapur lain di Jatim yang sekarang juga lagi ngehits di jagat maya.

    Di mana saja lokasi wisata tersebut? Berikut ini lokasi wisata bukit kapur seperti dikutip dari suara.com:

    Bukit Jaddih di Bangkalan

    Kawasan wisata Bukit Jaddih Bangkalan Madura (Foto: travel.basith.id)

    Foto-foto indah lokasi wisata Bukit Jaddih di Bangkalan akhir-akhir ini membetot perhatian netizen. Foto hamparan kapur yang putih selaksa salju, kemudian pahatan indah dinding tebing bukit kapur, serta jalan berundak yang indah.

    Lokasi wisata ini ada di Socad, Bangkalan, Madura. Ada beberapa spot menarik di lokasi ini. Mulai dari spot foto hamparan bukit kapur yang cocok dibuat sebagai lokasi foto-foto preweding, kemudian ada danau kumbolo yang airnya jernih banget cocok untuk merendam kaki.

    5 Desa Wisata di Indonesia Berikut Tawarkan Keindahan Alam Yang Bikin Takjub

    Kemudian spot kolam renang, yang tentu bagus untuk berolah raga renang. Semua spot tersebut ada di satu lokasi Bukit Jadid Bangkalan. Silakan berkunjung.

    Bukit Kapur Arosbaya

    Pekerja menambang batu kapur untuk dijadikan batu bata bahan bangunan di Tambang Batu Kapur Arosbaya, Bangkalan, Jawa Timur. (Antara)

    Arosbaya merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Madura yang kini mulai ramai dikunjungi warga. Dulu lokasi wisata ini adalah sebuah tambang batu kapur biasa dengan banyak sisa pahatan di bukitnya. Walaupun tidak terbentuk secara alami, namun keindahan pesonanya sangat memanjakan mata.

    Bekas pahatan sisa penambangan yang terdapat di bukit kapur justru menghadirkan keunikan tersendiri sehingga banyak orang yang berkunjung ke sini. Tak hanya keunikan bentuk pahatannya, warna Bukit Kapur Arosbaya yang menawan juga menambah pesona bukit kapur ini.

    Menyegarkan, Rekomendasi Wisata Air Terjun di Madiun Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Kamu Bosan

    Lokasi wisata ini ada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Arosbaya merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkalan. Lokasinya sendiri sangat mudah ditemukan dan akses jalannya pun bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Bukit Kapur Arosbaya letaknya tidak jauh dari situs religi makam para Raja Bangkalan 'Air Mata Ibu'.

    Wisata Alam Gosari (Wagos)

    Wisata Alam Gosari (Wagos) di Gresik Jawa Timur. (Instagram/@sakinah38_)

    Wisata Alam Gosari (Wagos) merupakan tempat wisata alam memadukan pemandangan alam dengan beberapa ornamen buatan yang unik dan menarik. Lokasinya sekitar 40 km dari pusat kota Gresik tepatnya di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

    Kini, Wagos menjadi salah satu wisata batu kapur yang terkenal di Gresik. Melansir dari laman instagram @gresiktourism, di tempat ini terdapat bangunan-bangunan unik seperti hamparan kincir angin berwarna-warni seperti ladang yang bergerak diterpa angin, bangunan dengan payung-payung di langitnya.

    Kampung Ceria Pule, Desa Wisata Baru di Kabupaten Madiun

    Tempat ini menjadi spot menarik untuk berfoto. Tak hanya itu, di Wagos juga terdapat bangunan pilar atau tiang berwarna oranye dan hitam membentuk seperti lorong dengan tulisan bahasa asing. Kemudian terdapat beberapa bangunan miniatur rumah berwarna-warni yang berukuran mini.

    Anda dapat mengunjungi Wagos untuk sekedar berjalan-jalan menghabiskan waktu atau menikmati pemandangan alam dan berfoto. Spot-spot foto di Wagos instagramable karena terbilang unik dan menarik.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.