6 Ide Bisnis Ini Akan Berpotensi Meningkat di Era New Normal

Ada sejumlah peluang bisnis yang bakal berkembang di kondisi new normal.

6 Ide Bisnis Ini Akan Berpotensi Meningkat di Era New Normal Ilustrasi. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- New normal atau kenormalan baru mulai diterapkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. New normal secara perlahan mengubah perilaku masyarakat, seperti lebih bijak dalam mengatur keuangan.

    Sebagian besar usaha terdampak dengan tatanan normal baru ini. Namun ada sebagian lainnya yang justru pertumbuhan bisnisnya melesat di tengah pandemi. Ada beberapa peluang usaha bagi Anda yang ingin memulai bisnis di era new normal ini.

    Dilansir dari kawula.id, berikut enam ide bisnis di era new normal yang berpotensi meningkat.

    1. Layanan Kesehatan Online

    Sejatinya, layanan kesehatan online bukan hal baru di Indonesia. Tak sedikit perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan menyediakan jasa konsultasi via online atau berbasis aplikasi. Adanya layanan kesehatan online ini mempermudah masyarakat untuk berkonsultasi masalah kesehatan.

    Ide bisnis layanan kesehatan online diprediksi punya potensi untuk semakin berkembang ke depannya.

    New Normal, Yuk Bersihkan Tas dan HP Setelah dari Luar Rumah

    2. Makanan dan Minuman Herbal

    Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan bingung menentukan ide bisnis apa yang cocok saat ini, Anda bisa mencoba menjual makanan dan minuman herbal. Bisnis satu ini, juga berpeluang menjadi salah satu bisnis yang akan berkembang ke depannya. Pasalnya, makanan dan minuman herbal dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh yang dipercaya dapat menangkal virus corona.

    Minum jamu setiap hari juga pernah dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo. Kabar baiknya, masyarakat pun semakin gencar mengonsumsi minuman jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

    Bila diperhatikan makin ke sini banyak produk minuman kemasan yang sebelumnya tidak menjual jamu. Peluang usaha menjual minuman herbal pun direalisasikan oleh beberapa kalangan pebisnis.

    Bingung Bagaimana Mengurus Peralihan Hak Waris Tanah? Ini Caranya

    3. Pelatihan untuk menjadi wirausaha

    Wabah pandemi virus Corona berdampak buruk ke berbagai sendi kehidupan. Akibatnya, angka pengangguran di Indonesia pun semakin meningkat. Jalan satu-satunya adalah berwirausaha agar kebutuhan tetap terpenuhi.

    Namun, tak semua orang mahir dalam berdagang atau berbisnis. Membangun usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi bagi orang yang baru terjun ke dunia bisnis.

    Bagi orang sudah mahir di bidangnya, terutama dalam berbisnis, ini adalah peluang yang sangat menjanjikan. Membagikan ilmu dengan cara membuat pelatihan wirausaha adalah jalan lain bagi mereka yang ingin beralih profesi atau pekerjaan.

    Di era new normal ini, pelatihan wirausaha bisa dilakukan secara online. Misal, dengan memanfaatkan paltform YouTube atau platform media sosial lainnya untuk memberikan materi wirausaha yang akan disampaikan.

    Perlukah Mengonsumsi Vitamin C 1.000 mg/Hari Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh?

    4. Keperluan renovasi rumah

    Selalu ada hikmah dari setiap musibah. Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat, dalam hal ini adalah kesadaran kita untuk melakukan perbaikan kecil atau merenovasi rumah tanpa memerlukan bantuan tukang.

    Hal ini diperkuat dengan meningkatnya pencarian di internet tentang reparasi atau renovasi rumah. Tak tanggung-tanggung kenaikan pencarian di internet tentang hal tersebut meningkat 140 persen.

    Artinya, permintaan untuk keperluan renovasi rumah mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan setelah era normal, ide bisnis ini bisa terus berlangsung.

    Sisa Seduhan Kopi Jangan Dibuang! Manfaatkan Buat Ini

    5. Pariwisata lokal

    Usaha travel terkena dampak yang cukup parah selama Covid-19 ini, tapi bukan berarti akan lesu selamanya. Walau perlahan, ada titik cerah bagi tujuan pariwisata lokal. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan sulitnya proses traveling ke luar negeri, maka orang-orang yang memiliki hobi traveling akan cenderung memilih destinasi lokal.

    Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pemilik travel yang mulai menyusun strategi untuk new normal di Indonesia. Perbanyak penawaran liburan dalam negeri dan cari tahu lebih banyak tentang tempat yang belum banyak diketahui orang.

    6. Masker dan Pelindung Wajah

    Masker sudah bukan hal yang baru lagi untuk dipakai, bahkan sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia pun. Tapi sejak wabah coronavirus Covid-19 ini berkembang, pemakaian masker menjadi sesuatu yang wajib. Dan dengan adanya protokol untuk tetap memakai masker di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diprediksi tidak akan turun.

    Ini 6 Situs Penyedia Desain CV Gratis Yang Oke Punya

    Selain masker, topi bertirai plastik yang bisa melindungi wajah dari terkena atau menularkan virus melalui air liur pun mulai dilirik pasar. Bisa jadi kedua barang ini menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.