New Normal, Yuk Bersihkan Tas dan HP Setelah dari Luar Rumah

Kita juga harus menjaga kebersihan, tidak hanya badan namun juga barang-barang yang digunakan untuk beraktivitas di luar rumah.

New Normal, Yuk Bersihkan Tas dan HP Setelah dari Luar Rumah Tas dan sepatu. (Detik.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Sejumlah daerah di Indonesia sedang transisi menuju tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Memasuki fase new normal mana orang-orang kembali beraktivitas seperti sedia kala dengan menerapkan protokol kesehatan.

    Tentu kita juga harus menjaga kebersihan, tidak hanya badan namun juga barang-barang yang digunakan untuk beraktivitas di luar rumah. Seperti ponsel, sepatu, tas, dompet, pakaian, dan jam tangan. Tujuannya agar virus yang mungkin menempel menjadi mati atau hilang.

    Sisa Seduhan Kopi Jangan Dibuang! Manfaatkan Buat Ini

    Seperti dikutip Detik.com dari South China Morning Post, berikut ini beberapa barang yang sering digunakan sehari-hari dan cara membersihkannya.

    1. Cara Membersihkan Ponsel

    Membersihkan Ponsel. (Detik.com)

    HP atau ponsel adalah salah satu benda yang paling sering tersentuh oleh tangan kita. Itu membuat telepon genggam berisiko menjadi penyebar virus dan bakteri. Untuk membersihkannyabisa menggunakan campuran distilled water atau air suling dengan 70 persen isopropil alkohol. Semprotkan campuran tersebut pada kain yang akan kamu gunakan untuk membersihkan ponsel.

    Unik, Pedagang di Jember Pakai Masker dari Batok Kelapa

    Bisa juga menggunakan tissue disinfektan yang memiliki kandungan sama. Untuk area yang lebih kecil, seperti sekitar lensa kamera atau tombol, bisa menggunakan cotton bud kering atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel.

    2. Cara Membersihkan Tas dan Dompet Kulit

    Tas dari kulit hewan. (Detik.com/Dok. PETA Asia)

    Selain ponsel, barang lainnya yang selalu dibawa kemanapun kamu pergi adalah tas tangan dan dompet kulit. Untuk membersihkannya bisa menggunakan tissue disinfektan . Setelah itu Anda bisa menuangkan sedikit hand sanitizer lalu oleskan pada permukaan tas dan dompet kulit dengan menggunakan kapas atau tissue. Pastikan untuk mengoleskannya pada bagian pegangan atau gagang dan bawah tas, lalu biarkan mengering.

    Sabun Cair

    Untuk bagian dalam, bisa menggunakan sikat lembut. Perhatikan juga aksesoris keras yang terdapat pada tas atau dompetmu. Beberapa dompet dan tas biasanya dihiasi dengan logam seperti paladium. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat lembut dan kain lembut untuk mengeringkannya.

    Ari Lasso Salurkan 10.000 Masker Merah Putih untuk Warga Surabaya

    3. Cara Membersihkan Sepatu

    Sepatu adalah alas kaki yang selalu kita gunakan setiap hari ketika keluar rumah. Untuk membersihkannya, bisa mencampurkan sabun cair anti bakteri dengan air hangat dan gosok permukaan sepatu dengan lembut. Setelahnya bilas sisa sabun dengan air hangat.

    Namun jika kamu merasa hal itu tidak cukup karena sepatu sangat kotor, bisa membersihkannya dengan merendam sepatu di dalam wadah berisi alkohol untuk membunuh bakteri. Sepatu yang terbuat dari bahan yang mudah rusak harus dibilas dengan lembut setelahnya.

    Untuk bagian dalam, bisa menggunakan air yang dicampur dengan pemutih. Namun untuk sepatu berwarna, kamu harus berhati-hati dalam menyemprotkan cairan pemutih tersebut.

    Istri Membetulkan Nama Didi Kempot Dalam Buku Nikah

    4. Cara Mencuci Pakaian

    Agar terbebas dari bakteri dan virus, pakaian yang telah dipakai harus selalu dicuci dengan bersih. Untuk mencucinya, bisa mengikuti instruksi yang ada di label pakaian. Jika istruksi tersebut menyarankan untuk cuci kering maka harus mengikutinya agar pakaian tidak rusak. Beberapa pakaian mahal dan berbahan halus biasanya lebih disarankan untuk dicuci menggunakan tangan agar lebih awet.

    Gunakan campuran deterjen ringan dan air hangat untuk merendam. Untuk pakaian yang tidak terlalu kotor, cukup merendamnya selama dua hingga tiga menit. Disarankan untuk melakukan pengeringan dengan udara, bukan menggunakan pengering bersuhu panas karena dapat merusak bahan pakaian.

    Pemkab Magetan Siap Buka Lagi Telaga Sarangan

    5. Cara Membersihkan Jam Tangan

    Jam tangan aigner. (Detik.com)

    Untuk membersihkan jam tangan, caranya sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan air hangat dengan sabun pencuci piring. Lalu celupkan kain chamois atau sikat gigi berbulu halus ke dalam campuran cairan tersebut dan gunakan untuk menggosok permukaan jam tangan.

    Sabar, Destinasi Wisata Gunung Bromo Belum Dibuka Lagi

    Jika tali jam tangan terbuat dari kulit, membersihkannya bisa dengan kain yang sudah diberi cairan disinfektan. Sedangkan untuk tali jam berbahan logam seperti baja, emas, dan perak, perlu dibersihkan sikat lembut dan air sabun.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.