Bikin Museum dan Galeri Seni, SBY Mengaku Terinspirasi Presiden AS

SBY mengaku terinspirasi sejumlah presiden AS yang membangun museum di tanah kelahiran mereka.

Bikin Museum dan Galeri Seni, SBY Mengaku Terinspirasi Presiden AS SBY bersama sejumlah menteri di era kabinet Indonesia Bersatu melakukan groundbreaking secara simbolis pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY*Ani di Pacitan, Sabtu (22/2/2020). (Detik.com)

    Madiunpos.com, PACITAN -- Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, mengaku terinspirasi sejumlah Presiden Amerika Serikat sebelum memutuskan membangun Museum dan Galeri Seni SBY*Ani di Pacitan, Jatim. Selain tentunya wujud cinta SBY kepada almarhumah Ani Yudhoyono.

    Dihadiri sejumlah wakil presiden dan sejumlah menteri di era kabinet Indonesia Bersatu, SBY pada Sabtu (22/2/2020), resmi memulai pembangunan museum dengan meletakkan batu pertama. Groundbreaking secara simbolis diwarnai dengan mengaduk pasir dengan sekop. Selanjutnya SBY menekan tombol sirene menandai dimulainya pengerjaan museum kepresidenan tersebut.

    Wapres Ke-11 RI Boediono dan mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung terlihat dalam acara itu. Tampak pula Pramono Edhie Wibowo mewakili keluarga almarhumah Ani. Dua putra SBY, Edhie Bhaskoro Yudhoyono (Ibas) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga hadir.

    Delapan Kecamatan di Jember Kebanjiran, 840 Rumah Warga Tergenang

    Kemudian ada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ny Ratna Joko Suyanto istri mantan Menkopolhukam periode 2009-2014. Terlihat pula Bupati Pacitan Indartato.

    Mengutip detik.com, dalam sambutannya SBY mengatakan bahwa museum kepresidenan tersebut merupakan persembahan untuk rakyat Indonesia. Terutama generasi muda masa kini dan mendatang. Selain itu, lanjut presiden dua periode tersebut, pembangunan fasilitas tersebut merupakan amanat dari almarhumah Ny Ani Yudhoyono.

    "Dengan dapat dihadirkan museum dan galeri ini insya Allah pada saatnya kami dapat menulis dalam memoar saya nanti bahwa museum dan galeri ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam dan abadi kepada almarhumah istri tercinta," ucap SBY berkaca-kaca.

    Evaluasi Program Smart City, Wali Kota Madiun Sentil Dinas Pertanian

    Masih menurut SBY, pembangunan museum dan galeri tersebut diilhami kunjungannya bersama keluarga ke empat museum kepresidenan di Amerika Serikat seusai mengakhiri masa jabatan kedua. Keempatnya adalah museum Presiden Truman, Eisenhower, Bill Clinton, dan George W Bush.

    Museum-museum kepresidenan negara Paman Sam itu dibangun di daerah asal presiden masing-masing. Pembangunannya pun dilakukan sendiri oleh sang presiden.

    "(Museum) Presiden Truman ada di Saint Louis, Missouri; Presiden Eisenhower ada di Abilene, Kansas; Presiden Clinton ada di Littlerock City, Arkansas; dan kemudian Presiden Bush ada di Dallas, Texas. Dari situlah sebetulnya saya mendapatkan inspirasi," tandas SBY.

    Tulang Yang Ditemukan di Madiun Dipastikan Fosil Gajah Purba Langka

    Saat Ibu Ani masih menjalani perawatan di Singapura, lanjut SBY, dirinya kerap berbincang dengan almarhumah terkait rencana pembangunan museum. Sang istri pun mengingatkan SBY agar museum segera dibangun. Karenanya pria kelahiran Desa Tremas, Kecamatan Arjosari itu mohon dukungan doa agar pembangunan museum berjalan lancar.

    Sebelum kegiatan groundbreaking juga ditayangkan film dokumenter bertajuk SBY Memimpin dengan Hati, Pikiran, dan Tindakan. Dokumentasi audio visual berdurasi 30 menit itu menyajikan perjalanan karier putra pasangan R. Soekotjo dengan Habibah itu sejak berkarier di militer hingga mengemban tugas menjadi presiden. Selanjutnya hadirin dapat menyaksikan profil lengkap Museum dan Galeri Seni SBY*ANI dalam bentuk film.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.