BMKG Maritim : Waspadai Banjir Rob di Pesisir Selatan Jatim

Ada banjir rob pesisir antara lain di Pesisir Pacitan, Malang Selatan, Pesisir Blitar, Jember Selatan, dan Banyuwangi Selatan.

BMKG Maritim : Waspadai Banjir Rob di Pesisir Selatan Jatim Gelombang pasang. (Liputan6.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Jawa Timur menginformasikan adanya gelombang tinggi. Tidak hanya itu warga juga diimbau mewaspadai banjir rob di wilayah pesisir selatan Jawa Timur.

    Mengutip instagram @bmkgmaritimjatim, Kamis (28/5/2020), akibat ada aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia dan pesisir selatan Jawa Timur.

    Yaitu adanya banjir rob pesisir antara lain di Pesisir Pacitan, Malang Selatan, Pesisir Blitar, Jember Selatan, dan Banyuwangi Selatan.

    Puluhan Rumah di Pesisir Selatan Tulungagung Terendam Rob

    Prakirawan BMKG Tanjung Perak Surabaya, Arizal menuturkan, pasang air laut di Jawa hanya sekitar satu meter. Tetapi gelombang di selatan Jawa Timur mencapai 4,8 meter.

    Menurut Arizal, hal itu memicu air pasang sehingga menghempas ke area yang tak biasa. Banjir rob pun diperkirakan dapat terjadi dalam tiga hari ke depan terutama di pesisir selatan Jawa Timur.

    "Ini dipicu pusat tekanan rendah di selatan wilayah Jawa, dan bergerak ke selatan Kupang, ke arah Australia. Sehingga meningkatkan kecepatan angin dan gelombang,” ujar Arizal, seperti diberitakan Liputan6.com.

    Diguyur Hujan Lebih Dari Empat Jam, Jalanan di Kota Surabaya Tergenang Air

    Arizal pun mengimbau masyarakat terutama nelayan untuk mewaspadai gelombang laut tinggi di selatan Jawa Timur. "Masyarakat, pegiat kegiatan di laut seperti nelayan di selatan Jawa Timur lebih waspada karena gelombang laut tinggi," ujar dia.

    Sebelumnya, gelombang dengan ketinggian enam meter berpotensi terjadi di laut selatan Jawa, yakni di sepanjang Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Hal ini diungkap analis cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan.

    Cari Ikan, Warga Blitar Tenggelam di Sungai Brantas

    "Tinggi gelombang wilayah perairan selatan maupun Samudra Hindia selatan Yogyakarta hingga Jabar diprakirakan berkisar empat sampai enam meter atau sangat tinggi," kata Rendi.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.