Bupati Ponorogo Klaim Warganya Siap Terapkan New Normal

Bupati Ponorogo mengklaim warganya siap untuk melaksanakan new normal.

Bupati Ponorogo Klaim Warganya Siap Terapkan New Normal Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

    Madiunpos.com, PONOROGO — Bupati Ponorogo, Jawa Timur, Ipong Muchlissoni, mengklaim warganya cukup siap untuk melaksanakan new normal alias normal baru di tengah pandemi Covid-19.

    “Saya yakin warga kita cukup siap dengan new normal ini. Mereka sudah siap mengubah,” ungkap Bupati Ipong di Pringgitan atau Rumah Dinas Bupati, Selasa (26/5/2020), seperti dikutip dari ponorogo.go.id.

    Menurut Bupati Ipong, new normal adalah sebuah pilihan yang lebih bisa dipilih daripada menjalani pola hidup seperti saat ini.

    Hii…Keranda Jenazah Jadi Portal Desa Jonggol Ponorogo

    “Sekarang pilih mana, hidup terkurung (melakukan semuanya dari rumah, serba terbatas) atau hidup secara normal, tapi dengan syarat-syarat dan kebiasaan yang harus kita ubah sesuai protokol kesehatan? Mulai dari rajin cuci tangan sampai jaga jarak. Kebiasaan cipika cipiki atau salaman cium tangan harus dikurangi atau dihentikan sampai nanti pandemi ini hilang dari muka bumi,” ungkapnya .

    Dari sisi regulasi, Pemkab Ponorogo memang belum menerbitkan aturan atau keputusan terkait pelaksanaan new normal ini. Bahkan, kata Bupati Ipong, pemerintah pusat pun belum memberikan keputusan dan kebijakan soal pelaksanaan new normal ini. Hanya, dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri sempat melontarkan wacana bahwa Indonesia akan menuju pada fase new normal.

    Persiapan New Normal

    Presiden dan para menteri tersebut sempat mencontohkan beberapa negara yang telah menerapkan new normal ini. Mulai dari China, Italia, Jerman, Inggris dan Jepang. Jepang, kata Bupati Ipong, baru saja mencabut status tanggap daruratnya.

    15 Balon Udara Diamankan Polisi di Ponorogo, Hasil Penyerahan dan Temuan

    “Artinya menurut pendapat saya, pemerintah Indonesia mungkin akan memutuskan untuk menuju new normal itu. Saya sebagai Bupati, bersama Pak Wabup Soedjarno dan Pak Sekda Agus Pramono mencoba mempersiapkan kalau pemerintah akhirnya memutuskan memberlakukan new normal ini,” kata Bupati Ipong.

    New normal merupakan sebuah keadaan yang kembali normal seperti semula. Namun, normal ini diiringi cara dan gaya hidup yang baru. Cara dan gaya hidup tersebut mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak aman dari penularan serta melakukan pola hidup bersih dan sehat yang lainnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.