Dampak Abu Gunung Raung, Penumpang Pesawat di Bandara Banyuwangi Diminta Turun

Sejumlah penumpang mengaku baru mendapat informasi penutupan aktivitas Bandara Banyuwangi saat telah berada di dalam pesawat.

Dampak Abu Gunung Raung, Penumpang Pesawat di Bandara Banyuwangi Diminta Turun Ilustrasi pesawat saat hendak mendarat di bandara. (Pixabay/dirkvermeylen)

    Madiunpos.com, BANYUWANGI- Penumpang pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi gagal terbang lantaran terdampak hujan abu vulkanik Gunung Raung, Senin (8/2/2021).

    Sejumlah penumpang mengaku baru mendapat informasi penutupan aktivitas bandara  saat telah berada di dalam pesawat.

    Hal itu seperti diungkapkan salah satu penumpang Maskapai Citylink Tujuan Banyuwangi-Jakarta, Antoni.

    Cemburu, Kakek di Sidoarjo Hantamkan Linggis ke Sejoli yang Sedang Bercinta

    “Saya tujuan Jakarta, kalau tujuan akhir Medan. Kita minta refund karena belum ada kejelasan sampai kapan ditutup. Kita mau pindah jalur darat via Surabaya,” ujarnya, seperti dikutip dari Suara.com, Senin.

    Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, terjadi semburan abu vulkanik berwarna kelabu setinggi 2.000 Meter, Senin. Sebaran abu vulkanik menuju arah timur dan tenggara meliputi wilayah Banyuwangi hingga Bali dan Pulau Lombok.

    Sementara itu, Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Kantor Cabang Banyuwangi, Cin Asmoro, mengatakan penutupan bandara telah berdasarkan hasil observasi.

    Liga Indonesia Tak Jelas, Arema Setop Kontrak Carlos Oliveira

    “Kita keluarkan notam close Bandara Banyuwangi karena hasil observasi dari paper test menunjukkan hasil positif abu vulkanik,” kata dia, Senin (8/2/2021).

    Ia menambahkan bandara memang sempat dibuka kembali pada Senin pagi tadi. Bahkan, satu maskapai dari Surabaya ke Banyuwangi dan berlanjut ke Denpasar berjalan normal.

    Namun, saat gilirian pesawat rute tujuan Banyuwangi -Jakarta, terpantau terjadi hujan abu vulkanis Gunung Raung.

    Dapur Ternyata Bisa Jadi Sarang Zat Berbahaya, Cegah Dengan Cara Praktis Ini!

    “Kita lakukan observasi kembali, satu penerbangan berjalan normal. Tapi satu penerbangan yang sedianya akan berangkat kita observasi ternyata hasilnya positif. Hari ini pada pukul 08.37 WIB Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya untuk diambil keputusan final, bandara close. Akan kembali dievaluasi enam jam ke depan sampai 14.37 WIB, ” jelasnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.