Dinilai Terlalu Santuy dan Emoh Lockdown, Swedia Rupanya Punya Jurus Hadapi Corona

Swedia mengandalkan herd immunity untuk menangkal virus corona dan tidak menerapkan lockdown.

Dinilai Terlalu Santuy dan Emoh Lockdown, Swedia Rupanya Punya Jurus Hadapi Corona Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (liputan6.com/afp)

    Madiunpos.com, STOCKHOLM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kukuh menolak lockdown untuk mengatasi wabah virus corona atau Covid-19. Ternyata, bukan hanya Presiden Jokowi yang anti-lockdown. Pemerintah Swedia juga.

    Negara tempat kelahiran bintang sepak bola Zlatan Ibrahimovic ini juga bahkan tak menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sementara Presiden Jokowi menerapkan PSBB di sebagian wilayah.

    Di Swedia mal tetap boleh buka, murid-murid bisa sekolah, masyarakat boleh jalan-jalan. Dengan kebijakan ini, sebagian kalangan menganggap Swedia terlalu santai alias santuy menghadapi pandemi Covid-19.

    Ngeri, Ada Kampung Narkoba Ala Kolombia di Palangkaraya

    Lantas apa yang membuat mereka begitu pede alias percaya diri menghadapi wabah Covid-19 itu?

    Melansir CNBC International yang dikutip detik.com, Swedia diketahui menjalani strategi herd immunity untuk mengatasi wabah tersebut. Strategi ini dilakukan dengan cara membiarkan orang terpapar virus corona yang diharapkan mampu memunculkan kekebalan pada suatu kelompok. Meski begitu, strategi ini masih menjadi pertentangan di kalangan para ahli.

    Namun, kepala ahli epidemiologi Swedia meyakini bahwa strategi ini tampaknya berhasil. Hasilnya pun disebut bisa dilihat dalam hitungan pekan.

    "Di wilayah-wilayah utama Swedia, di sekitar Stockholm, kita telah mencapai peningkatan [dalam menangani kasus-kasus baru] dan kita sudah melihat efek herd immunity. Dan dalam beberapa pekan, kita bahkan akan melihat lebih banyak efek lagi," kata dr. Anders Tegnell, kepala ahli epidemiologi di Badan Kesehatan Masyarakat Swedia.

    Wabah Corona, Seluruh Perjalanan KA yang Lewat Madiun Dibatalkan

    "Dalam waktu beberapa pekan kita mungkin mencapai herd Immunity, dan kami percaya itulah sebabnya kita melihat adanya penurunan jumlah kasus secara perlahan, meskipun pengambilan sampel [pengujian untuk virus corona] semakin banyak," jelasnya.

    18.177 Kasus

    Berdasarkan laporan worldometers, Swedia pada Minggu (26/4/2020) memiliki kasus Covid-19 sebanyak 18.177 kasus. Sementara itu kasus kasus kematian dilaporkan sebanyak 2.192, sedangkan yang sembuh totalnya mencapai 550 kasus.

    Mereka yang kontra menyebut Swedia sedang mencoba "herd immunity" yang berisiko. Sebelumnya, Inggris juga tertarik dengan herd immunity, tetapi batal setelah ada prediksi yang menyebut kematian bisa meroket hingga 250 ribu jiwa.

    Pihak yang kontra juga membandingkan tingkat kematian Swedia yang lebih tinggi daripada negara-negara Skandinavia lain seperti Norwegia, Denmark, dan Finlandia.

    Jemput Santri Temboro, Pria Asal Jombang Meninggal Mendadak di Madiun

    Sementara, mereka yang pro strategi Swedia menyebut kasus di negaranya masih lebih sedikit ketimbang negara yang melakukan lockdown seperti Inggris, Prancis, dan Belgia.

    Pakar penyakit pemerintah Swedia, Anders Tegnell, berkata strategi tanpa lockdown bisa sukses karena sistem kesehatan Swedia yang kuat.

    "[Kebijakan] Ini berfungsi dalam beberapa aspek," ujar Tegnell, seperti dikutip BBC dan dilansir liputan6.com.

    "Ini bisa berfungsi karena sistem kesehatan kita bisa menanggulanginya. Selalu ada setidaknya 20 persen kasur perawatan intensif yang kosong dan bisa merawat pasien COVID-19 kita," ucapnya.

    Kisah Juru Parkir Madiun, Gadaikan KTP Untuk Sambung Hidup

    Sekadar informasi, menurut jurnal medis The Lancet pada 2018, layanan kesehatan Swedia adalah nomor 8 di dunia.

    Menolak Dibilang Santuy

    Meski demikian, pemerintah Swedia menolak jika dibilang negaranya dibilang sekadar menggunakan taktik herd immunity. "Beberapa negara sepertinya mengira kami tidak melakukan apa-apa, tetapi kita melakukan banyak hal yang cocok bagi Swedia," ujar Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde, seperti dikutip Bloomberg.

    Lantas apa saja kebijakan Swedia yang tak memakai lockdown? Berikut daftarnya, seperti dikutip dari Business Insider:

    • Bar, restoran, dan mal tetap boleh buka
    • Sekolah boleh buka dan orang tua mesti mengirim anak mereka ke sekolah
    • Pemerintah mengimbau warga agar jangan bepergian jika tidak penting
    • Masyarakat didorong bekerja dari rumah jika bisa, tetap di rumah bila merasa tidak sehat, menjaga jarak dari orang lain di tempat umum, dan sering mencuci tangan
    • Masyarakat berusia 70 tahun ke atas atau yang masuk kelompok risiko tinggi diminta tetap di rumah
    • Perkumpulan lebih dari 50 orang dilarang.
    • Bar dan restoran hanya boleh melayani masyarakat yang sudah duduk agar tidak ada kerumunan
    • Masyarakat tak boleh mengunjungi nursing home atau panti jompo karena berisiko tinggi.


    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.