Ini 7 Keistimewaan Penghafal Al-Quran Yang Tak Dimiliki Manusia Lain

Allah SWT menjanjikan sejumlah keistimewaan bagi para penghafal Al-Quran.

Ini 7 Keistimewaan Penghafal Al-Quran Yang Tak Dimiliki Manusia Lain Ilustrasi penghafal Al-Qur'an. (suara.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sangat mengapresiasi para penghafal Al-Quran. Sebagai bentuk apresiasi itu, Pemerintah Provinsi Jatim memberikan tunjangan kehormatan bagi para hafiz dan hafizah (sebutan untuk pria dan wanita muslim penghafal Al-Quran) senilai Rp250.000/bulan selama setahun. Jangan dilihat dari nominalnya, namun apresiasi tinggi yang diberikan.

    Pemberian tunjangan itu dilakukan pada 23 April 2020 lalu. Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga meminta para penghafal Al-Quran itu untuk mendoakan agar wabah pandemi virus corona segera usai.  Gubernur meyakini doa para hafiz/hafizah ini akan dikabulkan Allah SWT.

    Selain doanya yang makbul atau akan dikabulkan, apa saja sih keistimewaan menjadi penghafal Al-Quran?

    Penghafal Al-Quran Di Jatim Dapat Tunjangan Kehormatan Rp250.000/Bulan

    Al-Qur'an adalah sumber syariat Islam yang bisa mendatangkan ketenangan jiwa bagi seseorang yang membaca maupun mengamalkannya. Oleh sebab itu, sebagian orang berlomba-lomba agar bisa menjadi penghafal Al-Quran .

    Karenanya, ada keistimewaan bagi para penghafal Al-Qur'an yang tak dimiliki orang lain. Berikut ulasan keistimewaan para penghafal Al-Quran yang dikutip dari berbagai sumber.

    1. Mudah Dalam Memahami Pelajaran

    Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr. Al Qadhi, salah satu dokter syaraf ternama di Amerika Serikat, hanya dengan mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, seorang Muslim, baik mereka yang menguasai bahasa Arab ataupun tidak, mereka akan merasakan manfaatnya yaitu berupa perubahan fisiologis yang sangat besar. Yakni menambah kecerdasan otak manusia, menangkal berbagai macam penyakit, penghilang depresi, dan lain sebagainya.

    Jemput Santri Temboro, Pria Asal Jombang Meninggal Mendadak di Madiun

    2. Diberi Kemudahan dalam Melakukan Segala Hal

    Tentu saja para penghafal Al-Quran selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT. Karena Allah SWT telah menetapkan para penghafal Alquran sebagai keluarga-Nya di atas Bumi.

    Salah satu kemudahan bagi penghafal Al-Qur'an yang Allah SWT berikan,  seperti yang terjadi di Indonesia, "Hafiz Alquran 5 Juz, Bisa Daftar SEMA UPNVJ lewat Jalur Prestasi".

    ODR Tinggi, Ini Langkah Pemkot Madiun Lindungi Warga Dari Covid-19

    3. Dijadikan Imam Pada saat Salat Berjamaah

    Para penghafal Al-Qur'an akan didahulukan untuk menjadi imam ketika salat berjamaah. Abu Mas’ud RA, Nabi Muhammad bersabda:

    “Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Al-Qurannya. Jika dalam hafalan Al-Quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR. Ahmad 17526, Muslim 1564, dan yang lainnya).

    4. Nabi Muhammad Akan Menjadi Saksi Para Penghafal Al-Qur'an

    Jabir bin Abdillah RA bercerita, bahwa Nabi Muhammad menggabungkan dua jenazah sahabat yang gugur dalam pernag Uhud dalam satu kain kafan. Setiap hendak memakamkan, beliau tanya, “Siapa yang paling banyak hafalan Al-Qurannya?" Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memosisikan yang paling banyak hafalannya di posisi paling dekat dengan lahat. Lalu beliau bersabda, “Saya akan menjadi saksi bagi mereka kelak di hari kiamat". (HR. Bukhari 1343 & Turmudzi 1053).

    Rendang Jadi Salah Satu Menu Favorit Berbuka, Mudah Cara Bikinnya

    5. Kedudukannya di surga Akan Tinggi

    Kedudukan para penghafal Al-Quran di surga sesuai banyaknya ayat yang dia hafal. Para penghafal Al-Quran pastinya sudah menghafal banyak ayat.

    Dari Abdullah bin Amr RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ditawarkan kepada penghafal Al-Quran, baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan Al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani).

    6. Syafaat di Hari Kiamat

    Nabi Muhammad bersabda, "Bacalah Al-Quran, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pemiliknya." (H.R. Muslim)

    Sudah Masuk Ramadhan, Yuk Perbaiki Pola Tidur Biar Tidak Gampang Mengantuk

    7. Dikumpulkan Bersama Malaikat Mulia lagi Berbakti

    Penghafal Al-Quran akan dikumpulkan malaikat yang mulia lagi berbakti. Di dalam sebuah hadits disebutkan, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, "Orang yang membaca Al-Quran, dan dia pandai dalam membacanya akan dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Dan orang yang membaca Al-Quran sedang dia sulit membacanya, maka ia mendapat dua pahala." (Sahih Ibni Majah, karya Al-Albani).

    Demikian beberapa kemuliaan yang didapat bagi para penghafal Al Quran. Masih banyak kemuliaan lain yang Allah SWT janjikan bagi siapa saja yang menghafal dan mengamalkan kitab suci-Nya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.