Hari Kesehatan Nasional 2021, Insentif Nakes di Kota Madiun Dipastikan Lancar

Pemkot Madiun menyediakan anggaran sekitar Rp4 miliar untuk insentif tenaga kesahatan.

Hari Kesehatan Nasional 2021, Insentif Nakes di Kota Madiun Dipastikan Lancar Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2021 di Taman Ngrowo Bening, Jumat (12/11/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun, Denik Wuryani, memastikan insentif tenaga kesehatan yang merawat pasien positif Covid-19 akan dibayar sesuai prosedur. Pemkot Madiun menyediakan anggaran sekitar Rp4 miliar untuk insentif tenaga kesahatan.

    “Untuk insentif bagi nakes sejauh ini lancar. Tahun ini dianggarkan Rp4 miliar. Tahun depan sepertinya juga sama,” kata Denik di sela-sela memeriahkan Hati Kesehatan Nasional 2021 di Taman Ngrowo Bening, Jumat (12/11/2021).

    Dia menuturkan penyerapan insentif nakes memang tergantung banyak sedikitnya kaus positif Covid-19 di Kota Madiun. Pembagian insentif itu sudah ada regulasi yang mengaturnya.

    Alumni Fakultas Teknik Unipma Dibekali tentang Kewirausahaan dan Bekerja di BUMN

    “Jadi penyerapannya tergantung dengan kasusnya. Kalau ga ada kasus ya [penyerapan] rendah,” ujarnya.

    Denik menuturkan selama masa pandemi Covid-19 memang ada puluhan tenaga kesehatan di Kota Madiun yang terpapar Covid-19. Dia bersyukur tidak ada nakes di Kota Madiun yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

    “Nakes yang terpapar memang cukup banyak ya. Terutama pada bulan Januari, Februari, kemudian pada Juli lalu,” kata dia yang menyebut penyuntikan dosis ketiga vaksin bagi nakes sudah mencapai 96%.

    Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, Denik berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Apalagi, saat ini kasus Covid-19 di wilayahnya sudah melandai. Meski demikian, perlu terus waspada terjadinya pandemi gelombang ketiga yang disebut-sebut terjadi pada awal tahun 2022.

    Alumni FEB Unipma Diminta Tak Hanya Fokus Cari Kerja, Tapi Juga Ciptakan Pekerjaan

    Untuk capaian vaksinasi, sampai kini sudah 99,6% warga Kota Madiun yang divaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua baru 70%.

    Vaksinasi terus dilakukan di berbagai kesempatan. Salah satunya di peringatan Hari Kesehatan Nasional ini. Dinkes menyediakan sekitar 250 dosis vaksin bagi masyarakat.

    “Alhamdulillah saat ini vaksin AstraZeneca sudah tersedia. Minggu lalu kami sempat kehabisan,” kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.