Janji Gubernur Khofifah Untuk Bangkitkan UMKM di Jawa Timur

UMKM jadi tulang punggung perekonomian di Jatim.

Janji Gubernur Khofifah Untuk Bangkitkan UMKM di Jawa Timur Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. (jatimprov.go.id)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi yang terpuruk di tengah pandemi Covid-19 adalah dengan mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pelibatan UMKM yang lebih dominan dalam pemulihan ekonomi perlu dilakukan. Terlebih di Jawa Timur kontribusi UMKM mencapai 54% dari pendapatan domestik regional bruto (PDRB). Jatim.

    "Saya yakin, sektor UMKM ini yang akan bisa memberikan daya dukung terhadap bangkitnya perekonomian di Jatim," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam acara pelantikan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (Kafegama) Jatim Periode 2020 - 2023, melalui video conference, Sabtu (5/9/2020).

    Mengutip jatimprov.go.id, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, anggaran senilai Rp454,26 miliar disiapkan Pemprov Jatim. Dana ini akan digunakan untuk penguatan kelembagaan, fasilitasi pemasaran, penguatan akses pembiayaan, penguatan produksi restrukturisasi usaha, serta penguatan SDM koperasi usaha kecil menengah (KUKM).

    Tergerus Mata Air, Jalur Alternatif Tulungagung-Trenggalek Longsor

    Khofifah memaparkan berdasarkan data BPS,  populasi UMKM Jatim menurut sensus ekonomi tahun 2016 dan survey pertanian antar sensus 2018 meningkat sebesar 9.78 juta unit.

    Lebih lanjut disampaikan Khofifah, Pemprov Jatim memiliki banyak program untuk mendorong roda perekonomian. Salah satunya adalah Jatim Puspa. Jatim puspa ini yang akan mem-backup penanganan Covid-19 lewat pemberdayaan BUMDes dan usaha ekonomi masyarakat berbasis perempuan kepala keluarga.

    "Juga terdapat bantuan yang berasal dari pemerintah pusat dan provinsi seperti permodalan BUMDes. Ada juga bantuan Presiden produktif usaha mikro hingga fasilitasi standarisasi produk UMKM dan sebagainya," tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

    Selain itu, Khofifah juga mengaku menyiapkan beberapa strategi antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) plus dengan sasaran lansia di 10 kabupaten kantong kemiskinan. Utamanya, untuk menjaga basis konsumsi masyarakat guna memperkukuh pondasi perekonomian Jawa Timur.

    Tak Pakai Masker di Probolinggo, Siap Siap Dipaksa Masuk Mobil Jenazah Covid-19 Lengkap dengan Keranda

    BPNT

    Di masa pandemi Covid -19 ini, Pemprov Jatim juga menyiapkan program suplemen Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). "Jadi sebesar 50 persen BPNT dari pusat kita tambahkan dari total Rp200.000 ditambahkan 50 persen menjadi Rp100.000 sehingga total menjadi Rp300.000, kepada seluruh penerima BPNT kepada penerima berbasis kelurahan," terangnya.

    Dalam memberikan ketahanan pangan di Jatim, Khofifah berkolaborasi dengan banyak elemen untuk mengoptimalkan peran lumbung pangan Jatim yang mampu menjangkau hingga di 38 kabupaten dan kota.

    "Adanya pandemi Covid-19 ini memberikan tugas kepada Pemprov Jatim bagaimana pangan ini terjaga dengan aman dan terjangkau dan dipastikan harganya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran," terang Khofifah.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.