Kenalin Gembrot Kemangi, Kuliner Khas Kabupaten Ngawi Yang Bikin Nagih

Kabupaten Ngawi memiliki kuliner khas yang bernama gembrot kemangi.

Kenalin Gembrot Kemangi, Kuliner Khas Kabupaten Ngawi Yang Bikin Nagih Gembrot kemangi. (Instagram/@ommakanom)

    Madiunpos.com, NGAWI -- Nama Kabupaten Ngawi semakin dikenal setelah tembang Kartonyono Medot Janji yang dinyanyikan Denny Caknan booming. Kartonyono merupakan tugu ikonik milik Kabupaten Ngawi.

    Namun, Ngawi tidak cuma punya Tugu Kartonyono. Ada hal lain yang bikin Ngawi ngangenin. Ya kulinernya. Di antara beragam makanan khasnya, ada satu yang Ngawi banget, yakni gembrot kemangi.

    Makanan ini berupa pepes berbahan dasar kelapa muda yang diparut, daun salam, dan daun kemangi dicampur dengan bumbu dapur yang dihaluskan. Bumbu halus tersebut terdiri dari cabe rawit, kencur, ketumbar, gula merah, dan tambahan garam secukupnya.

    Ini Dia 4 Tempat Nongkrong Favorit Anak Muda Madiun

    Campuran bahan-bahan tadi menghadirkan perpaduan rasa pedas dan gurih yang bikin lidah berair. Apalagi dibungkus dengan daun pisang dan proses memasak yang dibakar dengan arang menambah cita rasa khas makanan Indonesia.

    Santapan ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Walaupun tanpa tambahan lauk, gembrot kemangi masih tetap enak untuk dinikmati.

    Jadi, jika Anda sedang berada di Ngawi atau merencanakan perjalanan ke daerah yang memiliki julukan Kota Bambu ini, jangan lewatkan untuk mencoba gembrok kemangi. Untuk satu bungkus gembrot kemangi, Anda tak akan mengeluarkan uang lebih dari Rp5.000.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.