Kontak Erat Rekannya yang Positif, Hasil Swab 50 Nakes RSUD dr. Soedono Negatif

Sebanyak 16 tenaga kesehatan RSUD dr. Soedono Madiun terpapar Covid-19.

Kontak Erat Rekannya yang Positif, Hasil Swab 50 Nakes RSUD dr. Soedono Negatif RSUD dr. Soedono. (dok)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 16 tenaga kesehatan RSUD dr. Soedono Madiun terpapar Covid-19. Dari hasil tracing, sebanyak 127 tenaga kesehatan di rumah sakit milik pemerintah Provinsi Jawa Timur itu menjadi kontak erat.

    Sehingga nakes yang menjadi kontak erat kasus konfirmasi positif tersebut harus menjalani uji swab untuk mengetahui terpapar atau tidak. Dari 127 kontak erat itu, sebanyak 50 nakes di antaranya dinyatakan tidak terpapar Covid-19 setelah hasil uji usapnya negatif.

    Sedangkan 77 nakes lainnya masih menunggu hasil uji swabnya. Seluruh kontak erat ini menjalani isolasi di rumah masing-masing.

    Pelaku Perusakan Lingkungan di Madiun Divonis 10 Bulan Penjara

    Direktur RSUD dr. Soedono Madiun, Bangun Tripsila Purwaka, mengatakan sebagian besar nakes yang menjadi kontak erat bertugas di IGD. Bahkan, saat ini seluruh nakes IGD rumah sakit tersbeut menjalani isolasi mandiri setelah satu rekannya ada yang positif Covid-19.

    Mengenai pelayanan di ruang IGD, kata Bangun, pihaknya telah menggeser nakes yang sebelumnya bertugas di dua ruang paviliun Merpati. Sedangkan di dua ruang paviliun Merpati tersebut ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

    Bangun menuturkan untuk nakes yang terpapar corona tersebut kini masih menjalani isolasi di RSUD dr. Soedono. Pihaknya belum mengetahui para tenaga medis ini tertular dari mana. Karena nakes yang terpapar tersebut bukan yang menangani pasien Covid-19.

    Ruang Isolasi Covid-19 di Ponorogo Penuh, Bupati Minta Ruang Isolasi di Desa Diaktifkan

    “Kami menduga penularan dari laur. Karena semua nakes yang positif ini tidak ada satu pun yang menangani pasien Covid-19,” jelas Bangun, Rabu (23/9/2020).

    Dia menegaskan pihak rumah sakit telah bergerak cepat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 tersebut. Seperti seluruh kontak erat menjalani tes swab. 



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.