Mantap! Madiun Resmi Miliki Porang Varietas Unggulan Nasional

Bicara soal tanaman porang, tidak bisa lepas dari Kabupaten Madiun, apalagi kini ada porang varietas Madun 1.

Mantap! Madiun Resmi Miliki Porang Varietas Unggulan Nasional Ahmad Khoiri, seorang petani porang dari Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun menunjukkan jenis porang varietas Madiun 1 di kebunnya, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Bicara soal tanaman porang, tidak bisa lepas dari Kabupaten Madiun. Apalagi saat ini Kabupaten Madiun secara resmi memiliki komoditas bibit porang unggulan yang diberi nama porang varietas Madiun 1.

    Porang varietas Madiun 1 ini secara resmi telah memiliki sertifikasi dari Kementerian Pertanian. SK penetapan varietas Madiun 1 ini telah keluar sejak Juli 2020.

    Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sumanto, mengatakan Surat Keputusan Menteri Pertanian terkait porang varietas Madiun 1 itu tertanggal 3 Juli 2020 dengan nomor 906/HK.540/C/07/2020. Porang lokal Madiun dinyatakan layak mendapatkan sertifikat setelah menjalani penelitian panjang.

    Wawali Madiun Ajak Masyarakat Kumpulkan Puntung Rokok, Untuk Apa?

    Sebelum mendaftarkan ke Kementerian Pertanian, pihaknya terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap porang yang tumbuh di sejumlah kecamatan di Kabupaten Madiun. Namun, dari sekian banyak jenis porang yang diseleksi, hanya jenis porang yang tumbuh di Desa Klangon, Kecamatan Saradan yang dianggap paling bagus untuk dijadikan bibit unggulan.

    “Kita lakukan seleksi di lapangan, ternyata yang paling bagus dan paling seragam ada di Klangon,” kata dia, Senin (9/3/2021).

    Sumanto menuturkan pihaknya bermitra dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Malang. Ini untuk melakukan kajian dari berbagai aspek, seperti aspek produksi dan lingkungan pada tahun 2019.

    Saat itu, yang dikaji bukan hanya porang dari Madiun saja. Melainkan dari beberapa daerah di Jawa Timur. Setidaknya ada empat atau lima calon jenis porang unggulan, tapi ternyata yang dianggap layak dari Kabupaten Madiun.

    Kaji Mbing Perpanjang PPKM Mikro, Hajatan di Madiun Belum Boleh Digelar

    “Setelah dipilih itu, pemerintah daerah menindaklanjuti dengan mengajukan permohonan pelepasan varietas tanaman porang ke Kementan melalui Pendaftaran Varietas Tanaman,” kata dia.

    Lebih lanjut, Kementan melakukan sidang uji pelepasan varietas dengan melibatkan beberapa tenaga ahli di bidang pertanian dari berbagai perguruan tinggi dan Badan Litbang Pertanian. Dari hasil sidang itu, dari masing-masing penguji memberi masukan. Setelah direvisi dan diperbaiki, baru kemudian keluar SK dari Kementas yang menyatakan porang dari Madiun sebagai varietas unggulan dengan nama Madiun 1.

    Lantaran sumber benih ini belum siap atau tersedia, Pemkab Madiun diberi kelonggaran untuk melakukan pemurnian varietas dalam rangka pengembangan bibit porang yang diverifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Timur.

    Sumanto menjelaskan alasan mendaftaran varietas porang Madiun ini untuk melindungi sumberdaya genteik lokal. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan para petani porang di Kabupaten Madiun.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.