Mantap! PTSP Online PA Madiun Masuk Top Finalis Inovasi Pelayanan Publik 2021

Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online Pengadilan Agama Kabupaten Madiun masuk dalam top finalis kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

Mantap! PTSP Online PA Madiun Masuk Top Finalis Inovasi Pelayanan Publik 2021 Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Madiun, Kamis (1/7/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online Pengadilan Agama Kabupaten Madiun masuk dalam top finalis kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

    Layanan ini dinilai memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di PA Kabupaten Madiun.

    Wakil Ketua PA Kabupaten Madiun, Ahmad Zaenal Fanani, mengatakan PTSP Online ini masuk dalam kompetisi bergengsi yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB tahun 2021. Sistem pelayanan ini lahir untuk merespon pandemi Covid-19 yang mengharuskan ada pembatasan sosial.

    PPKM Darurat, 12 KA di Wilayah Madiun Batal Berangkat

    Melalui PTSP Online ini, kata dia, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti mereka datang ke kantor PA Madiun. Sistem layanan berbasis website ini menyajikan beragam layanan di PA.

    “Dari mana pun cukup lewat internet, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan yang sama dengan yang datang ke sini,” kata dia, Kamis  (1/7/2021).

    Melalui layanan online itu, masyarakat bisa mendapatkan layanan seperti informasi perkara, pendaftaran perkara, syarat-syarat pendaftaran, hingga biaya perkara.

    “Semua jenis layanan manual ada di online,” ujarnya.

    Covid-19 di Jatim Meledak, Khofifah: Perlu Tarik Rem

    Atas sistem layanan online ini, lanjut Zaenal, benar-benar berdampak pada tingkat kerumunan massa di kantor pengadilan. Sehingga warga yang sifatnya hanya mencari informasi terkait perkara tidak perlu datang ke kantor dan cukup mengakses PTSP Online itu. Selain itu, masyarakat juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi ke PA.

    “Transportasi dan akomodasi turun drastis, karena tidak perlu ke sini. Masyarakat pun tidak perlu buang-buang waktu untuk mendapatkan layanan tersebut,” ujar dia.

    Dengan demikian, yang datang ke kantor PA Madiun hanya yang berkepentingan dengan persidangan maupun saksi yang dihadirkan untuk memberikan keterangan.

    Dia menegaskan SOP dalam layanan ini juga sangat cepat. Yakni setelah ada permohonan notifikasi dari warga, petugas harus meresponnya paling lama satu menit. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    “Sistem layanan ini sudah setahun ini digunakan PA Madiun,” kata dia.

    Kebaruan dari PTSP Online ini terletak pada berbasis website yang terintegrasi dengan PTSP Manual PA Kabupaten Madiun. Layanan ini juga sangat mudah diakses dan digunakan oleh semua lapisan masyarakat dan tanpa login.

    PA Madiun telah membuat SOP sebagai pedoaman petugas PTSP Online dan juga sudah membuat tata cara penggunaan inovasi PTSP Online untuk edukasi serta sosialisasi masyarakat baik dalam bentuk brosur yang dibagikan kepada masyarakat maupun video di YouTube.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.