Masih Suka Menulis Buku Diary? Ternyata Ini Manfaatnya

Menulis buku saat ini menjadi kebiasaan yang mulai ditinggalkan. Namun ternyata menulis buku harian bermanfaat untuk kesehatan mental.

Masih Suka Menulis Buku Diary? Ternyata Ini Manfaatnya Ilustrasi menulis diary. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda masih sering menulis buku harian? Buku harian atau diary mungkin sangat dekat dengan kehidupan Anda dulu. Namun sepertinya kebiasaan menulis buku harian mulai pudar bagi banyak orang.

    Tidak semua orang bisa menceritakan masalah atau perasaannya kepada orang lain dengan nyaman, sehingga banyak orang memilih untuk memendam masalah tersebut sendirian. Dengan menulis buku harian, Anda dapat merasakan segala manfaat menulis diary dengan mencurahkan segala perasaan melalui tulisan.

    Selain untuk mengungkapan perasaan, menulis buku harian ternyata memiliki manfaat lain. Dilansir dari suara.com, Jumat (8/1/2021), berikut manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental.

    Mitos Penyajian Dawet Jabung Khas Ponorogo, Pembeli Diminta Menikahi Penjual

    1. Meningkatkan IQ

    Menulis adalah sebagai bagian dari pembelajaran bahasa yang memiliki korelasi positif dengan kecerdasan. Menulis buku harian dikatakan sebagai eksplorasi bahasa. Hal ini akan mendorong diri secara alami untuk mencari kosakata baru yang akan ditulis dalam diari tersebut.

    1. Meningkatkan perhatian

    Menulis buku harian biasanya berhubungan dengan suatu hal yang terjadi hari di hari itu. Dengan menulis, Anda akan selalu memperhatikan apapun yang tengah terjadi pada diri Anda, sehingga membuat Anda melakukan segalanya dengan penuh perhatian.

    1. Semangat mencapai tujuan

    Ketika menulis buku harian, Anda tidak hanya menulis mengenai perasaan ataupun peristiwa yang terjadi. Anda juga akan menulis berbagai hal seperti impian dan ambisi. Dengan menuliskan impian atau cita-cita, hal ini akan membuat Anda semakin semangat untuk mencapainya.

    Tidak Sekadar Bunga Tidur, Ternyata Ini Manfaat Mimpi untuk Kesehatan Otak

    1. Meningkatkan kecerdasan emosional

    Menulis buku harian akan meningkatkan kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi diri dan orang lain. Dengan lebih memahami diri sendiri dan orang lain, kecerdasan emosional Anda pun semakin terasah.

    1. Melatih disiplin

    Karena bersifat privasi, biasanya seseorang punya waktu khusus untuk menulis buku harian, misalnya malam hari sebelum tidur. Hal ini akan membuatnya teratur dalam mengatur waktu karena tak ingin melewatkan momen terbaik menulis buku harian.

    1. Meningkatkan keterampilan komunikasi

    Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi. Itu sebabnya, seseorang yang terbiasa menulis buku harian biasanya memiliki kemampuan bicara yang baik. Dengan menulis, seseorang akan terbiasa menyusun kata-kata menjadi kalimat. Hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasinya.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Membangkitkan kreativitas

    Menulis buku harian dapat membantu meningkatkan kreativitas penulisnya. Hal ini karena saat menulis buku harian, Anda tidak memiliki hambatan dan beban apapun, sehingga Anda bebas memunculkan pikiran atau gagasan apa saja di dalam buku harian tersebut.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.