Pacitan Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianitta Agustinawati, mengatakan gempa yang terjadi memang tergolong kecil namun getarannya relatif dapat dirasakan karena episenter yang cukup dangkal.

Pacitan Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah Gempa Pacitan, Jawa Timur, Rabu (14/10/2020) (BMKG)

    Madiunpos.com, PACITAN – Gempa bumi kembali mengguncang Pacitan, Jawa Timur, Rabu (14/10). Kali ini gempa berkekuatan M 3,6 mengejutkan warga yang lantas berhamburan keluar rumah pukul 12.44 WIB.

    Adapun episenter gempa berada pada koordinat 8.69 LS,110.90 BT. Pusat gempa berada 61 km barat daya Kabupaten Pacitan dengan kedalaman 29 km.

    Meski magnitudonya tergolong kecil, namun getaran gempa Pacitan ini cukup mengejutkan warga. Apalagi hal itu terjadi saat warga tengah beraktivitas.

    Ronaldo Positif Covid-19, MU, Liverpool, dan City Ikut Terdampak

    Pantauan detikcom di salah satu kantor, dua karyawati tampak berlari menuju halaman. Seorang di antaranya sempat berhenti sesaat.

    "Saking kagetnya pas mulai jalan tadi sempat nendang meja," ucap Maharani, seorang karyawati sembari memegang pilar bangunan, Rabu (14/10/2020).

    BPBD Pacitan membenarkan kejadian alam tersebut. Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianitta Agustinawati, mengatakan sebagian warga memang merasakan getaran gempa.

    Prediksi Laga Ke-2 Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara: Susunan Pemain Berubah?

    Episenter Dangkal

    Di sisi lain, ada juga warga yang sama sekali tidak merasakan. Bisa jadi, lanjut Dianitta, hal tersebut karena yang bersangkutan sedang sibuk beraktivitas.

    "Di sini [Kantor BPBD] ada yang ngerasa, ada juga yang nggak," ucar Dianitta saat dihubungi, Rabu.

    Dijelaskan Dianitta, gempa yang terjadi memang tergolong kecil. Namun getarannya relatif dapat dirasakan. Hal tersebut juga diakibatkan episenter yang cukup dangkal. "Iya, kedalaman 29 kilometer," tambahnya.

    Sederhana, Ini Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Gigi

    Dianitta menambahkan sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat fenomena alam tersebut. BPBD sendiri masih mengumpulkan informasi dari seluruh wilayah melakui jejaring kecamatan.

    Pada saat bersamaan, pihaknya mengimbau masyarakat tetap tenang. Mereka diimbau selalu mengikuti perkembangan melalui lembaga resmi pemerintah. Seperti BPBD dan BMKG.

    "Siapsiaga memang harus, tetapi mohon tidak panik," tandas Dianitta.

    Djunaidy Abdillah Jadi Legenda Favorit Pilihan Sobat Garuda

    Waspada

    Sebelumnya, Kamis (24/9/2020), gempa M 4,7 yang mengguncang Pacitan dirasakan begitu kuat oleh warga. BPBD setempat menyampaikan kuatnya guncangan disebabkan episenternya tergolong dangkal.

    "Kebetulan lokasinya cukup dekat dan dangkal sehingga dirasakan lebih kuat," kata Didik Alih Wibowo, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan.

    Mengacu pada rilis BMKG, Didik menjelaskan gempa Pacitan yang terjadi tak berpotensi tsunami. Warga pun diimbau tetap tenang. Hal ini karena gempa yang terjadi kekuatannya di bawah magnitudo 5.

    Rendang hingga Rawon, Inilah 9 Kuliner Khas Indonesia Dijamin Lezat

    Didik membenarkan, belakangan ini tren gempa mengalami peningkatan. Oleh sebab itu warga diimbau terus waspada, terutama jika getarannya dirasakan kuat.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.