Pandemi Covid-19, Inilah Nasib Liga-Liga Eropa

Liga Inggris, Spanyol, dan Italia masih berharap dapat menyelesaikan musim. Mereka masih menunggu lampu hijau dari pemerintah masing-masing.

Pandemi Covid-19, Inilah Nasib Liga-Liga Eropa Pemain Manchester United Marcus Rashford (antaranews.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA — Liga Jerman telah digulirkan kembali pada akhir pekan silam. Liga tersebut menjadi kompetisi papan atas Eropa pertama yang dilanjutkan setelah ditangguhkan selama dua bulan.

    Berikut ini merupakan situasi terkini mengenai keberlanjutan liga-liga sepak bola di Eropa di saat pandemi Covid-19

    Liga Jerman telah dimainkan kembali pada akhir pekan lalu. Rencananya Liga Jerman akan memainkan sembilan putaran pertandingan tersisa tanpa kehadiran penonton.

    Namun Liga Jerman bukan liga Eropa pertama yang dimainkan kembali. Sebelumnya Liga Kepulauan Faroe telah dilanjutkan sepekan lebih awal. Selain itu, Belarus bahkan menjadi satu-satunya negara Eropa yang melakukan kompetisi sepak bola dalam dua bulan terakhir.

    Haaland Pencetak Gol Pertama Lanjutan Liga Jerman di Era Covid-19

    Pada Selasa (19/5/2020), liga sepak bola juga kembali bergulir di Estonia, di mana kompetisi teratasnya dimainkan tanpa kehadiran penonton.

    Berikut adalah liga-liga yang telah mengonfirmasi untuk melanjutkan kompetisi:

    Republik Ceko pada 23 Mei

    Denmark pada 28 Mei

    Serbia pada 30 Mei

    Austria pada 2 Juni

    Portugal pada 4 Juni

    Slovenia pada 5 Juni

    Kroasia pada 6 Juni

    Turki pada 12 Juni

    Norwegia pada 16 Juni

    Rusia pada 21 Juni

    Finlandia pada 1 Juli

    Menunggu Lampu Hijau

    Liga Inggris, Spanyol, dan Italia masih berharap dapat menyelesaikan musim namun mereka masih menunggu lampu hijau dari pemerintah negara masing-masing.

    Inggris dan Italia merupakan dua negara yang paling terdampak pandemi COVID-19 di Eropa, sedangkan Spanyol tidak terpaut jauh dari mereka. Terdapat temuan enam kasus positif untuk virus corona di tiga klub Liga Inggris setelah para pemain dan staf dites pada Selasa.

     

    Klub-klub Liga Inggris bertekad dapat kembali berkompetisi pada pertengahan bulan depan, namun sebagian pemain mencemaskan situasi yang ada.

    Federasi Sepak bola Italia (FIGC) mengatakan semua kompetisi, termasuk Serie A, akan tetap ditangguhkan setidaknya sampai 14 Juni 2020.

    Di Spanyol, para pemain kini berlatih di grup-grup kecil berisi sepuluh pemain. Liga Spanyol dijadwalkan dapat dilanjutkan pada 12 Juni 2020.

    Gunakan Boneka Seks Jadi Penonton, Klub Sepak Bola Korsel Dikritik

    Berikut negara-negara lain yang berharap masih dapat meneruskan kompetisi:

    Romania pada 27 Mei

    Polandia pada 29 Mei

    Yunani pada 6 Juni

    Swiss pada 20 Juni

    Mengakhiri Musim

    Belanda menjadi negara Eropa pertama yang memutuskan untuk mengakhiri musim lebih awal yakni pada 24 April 2020. Liga Belanda dinyatakan tidak memiliki juara pada musim ini.

    Prancis kemudian menyusul Belanda. Liga Prancis tidak memainkan sisa sepuluh putaran pertandingan. Tetapi berbeda dengan Liga Belanda, Liga Prancis mendaulat Paris St Germain (PSG) sebagai juara. Mereka mempertahankan spot zona Eropa, serta mempertahankan promosi dan degradasi di dua divisi teratas dengan skema dua tim promosi dan dua tim terdegradasi.

    Liga Inggris Bakal Digelar 1 Juni, Tapi Ada Syaratnya

    Belgia juga mengakhiri musim liganya dengan mendapuk Club Brugge sebagai juara, setelah pemerintah Belgia mengumumkan pihaknya menskors semua kompetisi olahraga sampai 31 Juli.

    Di Skotlandia, musim liga telah dihentikan dan Celtic dinobatkan sebagai juara. Itu merupakan gelar Liga Skotlandia kesembilan berturut-turut bagi Celtic.

    Liga Luxembourg dan Liga Siprus juga menghentikan musim kompetisi namun mereka tidak mendaulat salah satu tim untuk menjadi juara. Meski demikian, di Liga Siprus, Omonia Nicosia mendapatkan spot Eropa dan akan tampil di putaran kualifikasi untuk Liga Champions edisi selanjutnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.