PEKAN SENI BANYUWANGI : Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Pelajar

PEKAN SENI BANYUWANGI : Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Pelajar Ilustrasi

    Pekan seni Banyuwangi yang melibatkan para pelajar dimeriahkan dengan sejumlah kompetisi.

    Madiunpos.com, BANYUWANGI – Sedikitnya 10.000 pelajar sekolah dasar hingga lanjutan atas memeriahkan Pekan Seni Pelajar (PSP) se-Jawa Timur yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi 30 Mei hingga 3 Juni 2015.

    Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi mengatakan kabupaten yang dipimpinnya menjadi tuan rumah ajang yang melombakan sembilan cabang kesenian itu.

    "Kami berterima kasih kepada Gubernur Jatim Pak Soekarwo yang memberi kepercayaan ke Banyuwangi. Tentu kepercayaan ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Banyuwangi untuk bisa menunjukkan kepada para delegasi bahwa Banyuwangi bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mengantarkan semua even sukses sampai selesai," katanya.

    Anas mengatakan, PSP merupakan sebuah kegiatan yang bisa menginspirasi pelajar dari tingkat SD hingga SMA lebih mengenal kesenian dan tarian daerah.

    "Di PSP ini, mereka juga akan berlomba-lomba menunjukkan keahlian dan kecerdasaanya dalam bidang seni dan budaya. Ini sangat positif," ujarnya.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Sulihtiyono menambahkan PSP bakal diikuti lebih

    dari 10.000 pelajar dari SD hingga SMA dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

    "Seluruh peserta yang jumlahnya sekitar 10.000 pelajar ini akan bermalam di sekolah-sekolah yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Di antaranya, kamar madi, tempat tidur, makan dan

    transportasi yang digunakan untuk menuju ke lokasi lomba," ujar Sulihtiyono.

    Ada sembilan kegiatan lomba dalam PSP ini, yaitu paduan suara, baca puisi, teater, tari, dan musik tradisi. Selain itu juga ada lomba lukis tingkat SD, lukis poster SMP, dan desain tekstil SMA.

    Pembukaan PSP ini akan digelar Minggu (31/5) pagi di depan kantor Pemkab Banyuwangi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

    Acara pembukaan ini ditandai dengan pertunjukan kesenian kolaborasi dari berbagai kabupaten. Dilanjutkan pawai seni budaya pelajar se-Jatim dengan mengelilingi sejumlah jalan protokol. Untuk melengkapi kemeriahaan PSP 2015, akan digelar pameran pendidikan di Taman Blambangan selama berlangsungnya PSP.

    Sebelumnya, Banyuwangi juga menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) se-Jatim yang akan berakhir 30 Mei 2015 dengan sekitar 2.000 peserta dan pendamping. Banyuwangi juga akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur pada 6-13 Juni mendatang yang diikuti 10.000 atlet, pendamping, dan perangkat pertandingan dari seluruh Jatim.

    KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.