Pemkot Madiun Bakal Lanjutkan Ekskavasi di Kawasan Setinggil dan Sendang Kuncen

Pemerintah Kota Madiun bakal memperpanjang proses ekskavasi cagar budaya di wilayah Kecamatan Taman.

Pemkot Madiun Bakal Lanjutkan Ekskavasi di Kawasan Setinggil dan Sendang Kuncen Tim peneliti dari BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di Sendang Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun, dan menemukan terowongan saluran air kuno, Senin (20/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun bakal memperpanjang proses ekskavasi cagar budaya di wilayah Kecamatan Taman. Ekskavasi akan difokuskan di dua lokasi, yaitu di Sendang Kuncen dan kawasan Setinggil.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudahaan dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwo Widagdo, mengatakan ekskavasi dari tim BPCB Jawa Timur sudah rampung. Hasilnya sudah mulai terlihat di dua titik tersebut. Namun, perlu dilakukan ekskavasi lanjutan supaya temuan itu bisa diketahui secara jelas.

    “Tahap pertama sudah selesai. Ekskavasi di Sendang Kuncen dan Setinggil bisa sempurna, untuk itu perlu diperpanjang. Ditargetkan Oktober sudah punya gambaran jelas [terkait dua titik itu],” kata dia kepada Madiunpos.com, Senin (20/9/2021).

    Di Kota Madiun, BPCB Jatim Temukan Struktur Batu yang Diduga Candi

    Agus menjelaskan hasil ekskavasi tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan kawasan wisata religi di Kota Madiun. Selain di dua titik itu, pemkot juga bakal membangun menara di Masjid Kuncen dna Masjid Taman.

    “Kita ingin membangun menara di masjid itu dengan konsep arsitektur zaman dahulu. Seperti menara pada zaman dulu,” ujarnya.

    Mengenai permasalahan ekskavasi di kawasan Setinggil Kelurahan Demangan, lanjut dia, yaitu struktur batu yang diduga candi berada di kawasan makam umum. Pihaknya akan mengkomunikasikan hal itu dengan ahli waris, kelurahan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

    “Nanti kita ngobrol dan silaturrahmi dulu. Bisa lah [ekskavasi] di Setinggil,” kata Agus.

    Tim peneliti dari BPCB Jatim melakukan ekskavasi di Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Rabu (15/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Dia menuturkan ekskavasi ini sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan wisata religi di Kota Madiun.

    Pamong budaya muda Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Pahadi, mengatakan dalam ekskavasi selama sepekan menemukan saluran air kuno di Sendang Kuncen dan struktur batu di kawasan Setinggil.

    Dia menjelaskan struktur batu di pemakaman umum kawasan Setinggil diduga sebuah candi. Namun, dalam proses ekskavasinya belum bisa dilanjutkan karena lokasi berada di kawasan makam.

    Ekskavasi di Sendang Kuncen, Tim Peneliti BPCB Jatim Temukan Saluran Air Kuno

    Untuk mengetahui pola dari struktur batu yang ditemukan itu, Hadi menyampaikan harus dilakukan lagi ekskavasi. Tetapi kendalanya adalah lokasi tersebut sudah menjadi makam umum.

    Dia menuturkan untuk melakukan penggalian di lokasi itu perlu adanya komunikasi dan kesepakatan bersama. Hal ini karena lokasi ditemukannya struktur batu itu sudah dimanfaatkan sebagai pemakaman umum. Sehingga aspek sosial dan budaya di lokasi itu sangat kental.

    “Jadi kalau kita mau mengejar akademis maupun arkeologisnya ini harus ada kesepakatan-kesepakatan dengan masyarakat. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. Karena itu rawan konflik sosial,” ujarnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.