Ratusan Guru TK di Kota Madiun Dilatih Mengembangkan Kreativitas Mengajar

Pemerintah Kota Madiun memberikan perhatian khusus kepada pendidikan anak usia dini.

Ratusan Guru TK di Kota Madiun Dilatih Mengembangkan Kreativitas Mengajar Wali Kota Madiun, Maidi, memberikan pengarahan kepada ratusan guru TK terkait pembelajaran kreatif di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun memberikan perhatian khusus kepada pendidikan anak usia dini. Untuk itu pendidik di sekolah anak usia dini harus memiliki kreativitas yang lebih supaya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak.

    Sebanyak 230 guru taman kanak-kanak (TK) di Kota Madiun mengikuti workshop peningkatan kreativitas guru dalam bidang seni dan literasi di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021).

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan usia lima sampai enam tahun merupakan masa keemasan anak-anak atau golden age. Untuk itu, anak di usia tersebut harus benar-benar mendapatkan pendidikan yang bagus. Guru di taman kanak-kanak menjadi contoh anak didiknya, selain orang tua mereka.

    Jadi Jujukan Warga Luar Daerah, Vaksinasi Covid-19 Digelar di Pasar Besar Madiun

    “Sehingga materi-materi tentang kesopanan dan saling menghormati harus ada di sana [TK]. Karena karakter anak itu pasti meniru guru dan orang tuanya,” kata dia.

    Maidi menuturkan masa keemasan anak ini sangat penting bagi tumbuh kembangnya ke depan. Masa keemasan ini juga tidak akan terulang kembali. Untuk itu benar-benar harus diperhatikan orang tua maupun pendidik.

    Ratusan guru TK di Kota Madiun mengikuti workshop peningkatan kreativitas guru di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    “Dengan workshop ini, guru TK harus memahami semua materi. Karena pondasi pendidikan itu salah satunya ada di TK,” jelas dia.

    Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Madiun, Lia Ratih, mengatakan pelatihan ini memang khusus diberikan bagi guru TK yang ada di Kota Madiun. Para guru akan mendapatkan berbagai materi terkait pola pembelajaran anak.

    Seperti para guru dilatih untuk berkreasi dalam hal permainan dan bernyanyi serta menulis cerita. Kemampuan-kemampuan itu penting dimiliki oleh setiap guru TK.

    “Model pembelajaran di TK memang harus dengan bernyanyi dan bermain. Kan tidak mungkin ngajar di TK hanya menjelaskan materi tanpa ada bermain dan bernyanyi,” kata dia.

    Alhamdulillah, Dua Pekan Terakhir Kereta Isolasi Covid-19 di Inka Kosong

    Para guru TK tersebut juga mendapatkan pelatihan menulis cerita yang menarik. Nantinya cerita-cerita yang ditulis bisa dibukukan dan menjadi bagian dari materi pembelajaran.

    Masa golden age anak, kata dia, memang penting untuk diperhatikan. Karena pada masa usia itu, anak sedang mengalami pertumbuhan yang sangat bagus untuk pembentukan karakter.

    “Workshop ini digelar sampai Jumat, untuk offline hanya hari ini. Sedangkan Selasa sampai Jumat dilakukan secara online,” kata Lia. (ADV)



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.