Rumah Megah Dilengkapi 5 Tempat Ibadah di Madiun Ramai Dikunjungi Wisatawan

Rumah megah yang dilengkapi lima tempat ibadah di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, kini menjadi tempat wisata.

Rumah Megah Dilengkapi 5 Tempat Ibadah di Madiun Ramai Dikunjungi Wisatawan Seorang pengunjung menikmati pemandangan di rumah megah yang dilengkapi lima tempat ibadah di Desa Bulakrejo, Balrejo, Kabupaten Madiun, Minggu (9/1/2022). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Rumah megah yang dilengkapi lima tempat ibadah di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, kini menjadi tempat wisata. Banyak warga dari berbagai daerah berkunjung ke tempat itu untuk menikmati keunikannya.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Minggu (9/1/2022), belasan orang berkunjung ke rumah unik milik Kiai Aly Mursyid itu. Di lokasi tersebut juga kini ada beberapa penjual makanan di luar kompleks rumah.

    Para pengunjung berkeliling di bangunan rumah itu. Sesekali mereka mengeluarkan gadget untuk mengabadikan bangunan-bangunan unik dan berswafoto dengan latar belakang bangunan itu.

    Di rumah tersebut terdapa lima bangunan tempat ibadah. Yaitu masjid, gereja, wihara, pura, dan klenteng. Untuk bangunan wihara, pura, dan klenteng tersebut berupa pagoda dengan atap bertumpuk-tumpuk. Di lokasi tersebut juga ada patung budah dan patung Dewi Kwan Im.

    Video Nelayan Tangkap Ikan Lumba-Lumba Viral, Begini Kronologinya

    Seorang pengunjung, Anwar, mengatakan dirinya sengaja mendatangi rumah megah milik Kiai Aly Mursyid karena menarik. Dia mengetahui informasi mengenai rumah unik itu dari YouTube.

    “Menariknya di sini itu ada lima tempat ibadah. Ini mengajarkan kita terhadap toleransi. Menumbuhkan kerukunan antar umat beragama,” jelas warga Kabupaten Sidoarjo itu.

    Menurutnya, rumah ini bisa menjadi tempat pembelajaran yang baik terkait toleransi beragama. Apalagi tempat ibadah yang ada pun dibangun dengan menarik.

    Pengunjung lainnya, Riza, menuturkan tempat ini memberikan inspirasi tentang kerukunan umat beragama. Dia menyebut untuk masuk ke kawasan ini tidak diperlukan tiket masuk alias gratis.

    Viral Video Nelayan Tangkap 7 Ikan Lumba-Lumba di Pacitan

    “Saya dapat informasi tentang rumah ini dari Facebook. Saya kira cuma ada satu tempat ibadah saja. Ternyata ada lima tempat ibadah, bagus banget,” kata warga Pagotan, Kabupaten Madiun itu.

    Sebelumnya, Kepala Desa Bulakrejo, Muhammad Zaenuri, mengatakan rumah megah yang dilengkapi lima tempat ibadah itu merupakan milik Kiai Aly Mursyid. Saat ini, rumah tersebut dikelola oleh keponakan Aly Mursyid bernama Aly Muslich.

    “Rumah ini dibangun sudah lama. Sejak tahun 1980-an. Pembangunannya memang bertahap tidak langsung jadi,” kata dia, Rabu (1/12/2021).

    Zaenuri menyampaikan Kiai Aly Mursyid selama ini tidak memiliki istri dan tidak memiliki anak. Sehingga pengelolaan rumah megah tersebut dipasrahkan keponakannya.

    Rumah tersebut dikonsep memiliki bangunan tempat ibadah lima agama. Menurutnya, ini menunjukkan Kiai Mursyid sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan nasionalisme.

    Selain sebagai pemuka agama, kata dia, Kiai Mursyid juga dikenal sebagai orang pintar yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.