Sedikitnya 1.786 Kendaraan yang Hendak Ke Jatim Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 1.786 dipaksan putar balik di gerbang tol Ngawi dalam Operasi Ketupa Candi 2020.

Sedikitnya 1.786 Kendaraan yang Hendak Ke Jatim Dipaksa Putar Balik Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. (Antara)

    Madiunpos.com, NGAWI -- Dalam rentang 24 April-1 Mei 2020 sedikitnya 1.786 kendaraan bermotor dari arah Jakarta dipaksa putar balik di gerbang tol Ngawi. Kendaraan tersebut diduga mengangkut pemudik yang akan ke Jawa Timur.

    Melansir Antara, jumlah tersebut didominasi kendaraan pribadi yakni 1.757 unit kendaraan. Sementara kendaraan umum hanya 29 unit kendaraan.

    "Kendaraan (pemudik yang diputar balik) dari tanggal 24 (April) sampai sekarang ini juga cukup banyak, 1.700-an lebih, didominasi oleh kendaraan pribadi," ungkap Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Istiono, saat mengecek cek poin di gerbang Tol Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (2/5/2020).

    Rapid Test Karyawan Reaktif, Pabrik Rokok di Tulungagung Wajib Tutup

    Sementara jumlah kendaraan pemudik dari arah Jatim yang diputar balik di cek poin gerbang tol ini ada 473 kendaraan pribadi.

    Sementara itu, Kasatlantas Polres Ngawi, AKP Bobby Zulfikar, mengatakan pihaknya juga membatasi kendaraan yang masuk ke Ngawi. Polres Ngawi menyekat jalan arteri di perbatasan Mantingan.

    Di cek poin arteri Mantingan, tercatat ada 890 kendaraan dari arah Jakarta yang dipaksa putar balik dalam periode yang sama. "Perinciannya 563 kendaraan pribadi, 327 sepeda motor," ujar Bobby.

    17 Karyawan Pabrik Rokok di Tulungagung Jalani Rapid Test, Hasilnya Reaktif

    Sementara jumlah kendaraan dari arah Jatim yang diputar balik ada 507 kendaraan yang terdiri dari 284 kendaraan pribadi dan 223 sepeda motor.

    Penyekatan Berlapis

    Kakorlantas menilai penyekatan berlapis yang dilakukan jajaran polres di Jawa Timur sudah baik. Pasalnya penyekatan berlapis telah mempersulit pemudik untuk mencari jalan demi lolos ke kampung halamannya.

    Masyarakat yang bepergian melintasi perbatasan kabupaten di Jawa Timur pun dibatasi.

    Viral Produk Rokok Sampoerna Akan Dimusnahkan Karena Corona, Ini Penjelasannya

    "Dari Trenggalek kalau mau menuju Surabaya kan harus melalui (wilayah) polres lainnya. Polres Tulungagung kemudian Kediri, dan lain-lain, ini kesekat sampai Surabaya. Demikian juga [kalau dari] Surabaya ke daerah lainnya," ujarnya.

    Selama delapan hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020, jumlah kendaraan pemudik yang diputar balik kembali ke Jakarta mencapai 21.000 kendaraan.

    Jumlah tersebut merupakan data kumulatif di tujuh Polda dari Lampung hingga Jatim. "Sampai hari ke 8 yang kami putar balikkan dari Lampung hingga Jawa Timur (mencapai) lebih kurang 21 ribu (kendaraan)," kata jenderal bintang dua itu.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.