Sidoarjo Masih Berstatus Zona Merah, Namun Dusun Ini Tetap Steril dari Covid-19

Meskipun terletak di kawasan zona merah, warga dusun di Sidoarjo ini tak ada yang terpapar Covid-19 alias bebas Covid-19.

Sidoarjo Masih Berstatus Zona Merah, Namun Dusun Ini Tetap Steril dari Covid-19 Potret Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. (detik.com)

    Madiunpos.com, SIDOARJO – Jawa Timur saat ini masih menjadi provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Sidoarjo termasuk satu daerah di Jatim dengan jumlah kasus Covid-19 tinggi dan masih berstatus zona merah.

    Hingga saat ini, terbukti masih adanya pertambahan pasien baru Covid-19 tiap harinya. Namun, di Sidoaro terdapat satu dusun yang masih steril dari Covid-19. Namanya Dusun Kepetingan.

    Dusun ini memang berada cukup jauh dari perkotaan, tepatnya memasuki Desa Sawohan, Kecamatan Buduran. Jarak dari Alun-alun Sidoarjo sekitar 17 km. Akses jalan menuju ke dusun ini pun belum begitu memadai, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke sana, yakni sekitar satu jam.

    Sehari 5 Warga Terpapar Covid-19, Jumlah Kasus di Ponorogo Sentuh 258 Orang

    Bisa menjadi dusun ini bebas dari Covid-19 karena sangat terpencil dan masih sepi dari lalu lalang masyarakat. Hanya terlihat beberapa orang warga yang akan bekerja ke laut atau tambak untuk mencari ikan.

    Terdapat dua RT dan satu RW di dusun yang dihuni oleh sekitar 116 kepala keluarga ini.  Mayoritas penduduk di sana mendapatkan penghasilannya dengan mencari ikan dan sejenisnya dari tambak dan laut. “Dusun Kepetingan ini biarpun terpencil, namun bebas Covid-19. Mungkin karena warga yang pekerjaannya sering kena sinar matahari dan kena air garam,” jelas salah satu warga, Sri Wahyuni, seperti dilansir detik.com, Jumat (28/8/2020).

    Minim Mobilitas Warga

    Kemudian salah satu warga lainnya, Nurul Huda Efendi, mengatakan bahwa tak banyak warga dari desa lain yang datang ke Dusun Kepetingan. Kalau pun ada, ia menyebut hal itu terjadi di waktu-waktu tertentu saja, seperti saat ruwatan di Makam Dewi Sekardadu.

    Sebagian Wilayah Pacitan Mulai Alami Kekeringan

    “Dusun ini menurut kami terpencil, karena akses yang tidak memadai. Namun alhamdulillah tidak ada warganya yang terpapar Covid-19,” tutur Nurul.

    Kepala Puskesmas Kecamatan Buduran, Yoppy Agung Priambodo, membenarkan hal tersebut. Ia menyebut puskesmas di dusun tersebut masuk ke Desa Sawohan. Dari laporan bidan desa, Dusun Kepetingan tidak ada yang terpapar Covid-19.

    “Bidan desa dalam waktu sepekan sekali mengecek kesehatan warga, mulai dari balita hingga orang dewasa. Namun sampai saat ini belum ditemukan warga dusun tersebut yang terpapar Covid-19,” ungkapnya.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.