Tak Melulu Cari Keuntungan, Desa Jutawan di Madiun hanya Memanen Porang Sebagian demi Ekologi

Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, memiliki cara tersendiri dalam pembudidayaan tanaman porang.

Tak Melulu Cari Keuntungan, Desa Jutawan di Madiun hanya Memanen Porang Sebagian demi Ekologi Umbi porang yang dipanen dari lahan di Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. (Istimewa/Wisdianto)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, memiliki cara tersendiri dalam pembudidayaan tanaman porang. Pembudidayaan porang tidak melulu berbicara soal keuntungan, tetapi juga mempertimbangkan keseimbangan alam.

    Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Pajaran, Wisdianto, 41, mengatakan petani porang di Desa Pajaran masih menjunjung tinggi nilai-nilai sosial dan keberimbangan alam. Langkah riil yang dilakukan seperti pada saat masa panen porang, lahan yang dipanen hanya sekitar seperempat atau sepertiga dari luas lahan. Sedangkan sisanya dibiarkan hidup.

    Hal ini dilakukan untuk menjaga ekologi alam di kawasan hutan desanya. Menurutnya, langkah ini dilakukan karena pada tahun 1999 sempat ada kejadian yang membuat alam di desanya rusak pasca seluruh tanaman porang dipanen.

    Selain Desa Durenan, Pajaran Kini Juga Jadi Desa Jutawan karena Porang di Madiun

    “Kalau semua tanaman porang dipanen dan digali, saat hujan deras itu sangat berbahaya. Langkah untuk tidak memanen semua porang itu sebagai bentuk mitigasi bencana kami,” jelas dia, Sabtu (24/4/2021).

    Sedangkan dilihat dari nilai sosial, kata Antok, para petani yang sudah memiliki porang berkewajiban membantu para tetangga yang tidak memiliki modal untuk menanam porang. Seperti menyediakan bibit porang.

    Antok menuturkan warga Desa Pajaran yang kini menjadi petani porang ada sebanyak 700 orang. Mereka menanam porang di lahan sekitar 800 hektare.

    Porang saat ini memang menjadi salah satu komoditas pertanian andalan di Pajaran. Tanaman porang ini dalam beberapa tahun terakhir berhasil membangkitkan perekonomian masyarakat.

    Ngabuburit Sambil Balap Liar, Puluhan Remaja di Madiun Diamankan

    Hasil panen umbil porang di Desa Pajaran pada tahun 2020 mencapai 120 ton. Umbi porang itu sebagian besar dijual ke pengepul lokal dan ke pabrik pengolahan porang.

    Untuk harga umbi porang yaitu Rp8.500 per kilogram. Sedangkan harga bibit porang berupa katak dijual dengan harga Rp180.000 per kilogram.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.