Tertarik Bus Listrik, Wali Kota Madiun Pesan Bus Listrik Khusus ke Inka

Wali Kota Madiun, Maidi, berencana memesan bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (Inka).

Tertarik Bus Listrik, Wali Kota Madiun Pesan Bus Listrik Khusus ke Inka Bus listrik produksi PT Inka melakukan uji coba di jalanan Kota Madiun, Selasa (27/10/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wali Kota Madiun, Maidi, berencana memesan bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (Inka). Menurutnya, bus listrik merupakan transportasi massal masa depan.

    Maidi pun mengaku kagum atas produk bus listrik buatan PT Inka tersebut. Hal itu diungkapkan Maidi setelah mencoba bus tersebut dengan berkeliling di jalanan Kota Madiun, Selasa (27/10/2020) siang.

    “Busnya anteng, halus, dan tidak mengeluarkan polusi. Ini bus masa depan, kota ya harus seperti ini. Transportasinya harus ramah lingkungan,” kata dia kepada wartawan.

    Peringati Sumpah Pemuda, Remaja Ini Lakukan Aksi Pantomim di Pendapa Pemkab Madiun

    Maidi menyampaikan akan memesan bus listrik produksi Inka itu. Tetapi, bus listrik yang dipesan berbeda yaitu bermodel kereta seperti di Jepang atau kereta Shinkansen.

    “Khusus Kota Madiun modelnya seperti kereta. Kalau kayak bus biasa kan akeh tunggale,” kata dia.

    Rencananya, bus listrik tersebut akan digunakan untuk kebutuhan bus wisata dan bus sekolah.

    Direktur Pengembangan PT Inka, Agung Sedaju, menyampaikan akan membuat bus listrik sesuai pesanan dari wali kota Madiun. Selama ini Inka sudah berhasil memproduksi kereta dan saat ini juga telah berhasil memproduksi bus. Sehingga bukan hal yang sulit membuat bus berbentuk kereta.

    Bocah 10 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Waduk Dawuhan Madiun

    “Kami ucapakan terima kasih atas dukungan wali kota yang telah menyediakan Kota Madiun sebagai etalase kami,” kata dia.

    Dia menuturkan perawatan bus listrik ini lebih mudah dibandingkan bus berbahan bakar minyak. Selain itu, jika rusak perawatannya juga lebih mudah dibandingkan bus lainnya.

    Saat ini, pihaknya telah menerima pesanan pembuatan bus listrik ini dari Kongo sebanyak 360 unit. Selain itu, Inka juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemda Bali untuk penataan transportasi kotanya. Salah satunya ada pemesanan bus listrik.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.