UJIAN MASUK PTN : Hore, Syarat Kuliah di Kampus Negeri Tak Tergantung UN

UJIAN MASUK PTN : Hore, Syarat Kuliah di Kampus Negeri Tak Tergantung UN Ilustrasi Situasi kampus Universitas Brawijaya Malang (blog.ub.ac.id)

    Ujian masuk PTN atau perguruan tinggi negeri di Jawa Timur sekarang tak lagi mengandalkan nilai Ujian Nasional (UN).

    Madiunpos.com, SURABAYA –Sepuluh Rektor PTN se-Jawa Timur yang tergabung dalam Paguyuban Rektor PTN se-Jatim menyatakan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMTN) tidak lagi tergantung pada hasil UN.

    "UN itu tergantung menteri (Mendikbud), tapi kami tidak lagi tergantung itu (UN)," kata Ketua Paguyuban Rektor PTN se-Jatim Prof Dr H Fasich Apt setelah rapat paguyuban di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (27/1/2015) sebagiamana diwartakan Kantor Berita Antara.

    Rektor Unair Surabaya itu mengemukakan hal itu didampingi sejumlah rektor PTN se-Jatim dalam pertemuan yang membahas SNMPTN, UN, dan respons terhadap polemik KPK-Polri, di antaranya Unesa, ITS, UPN Veteran Jatim (Surabaya), Unej (Jember), Unijoyo (Bangkalan), Unibraw, dan UM (Malang).

    Sementara itu, Rektor Unesa prof Warsono selaku tuan rumah menegaskan bahwa PTN se-Jatim sudah menerapkan pola seleksi masuk PTN yang lebih objektif yakni peringkat nilai SMA untuk menentukan kuota sekolah guna menerima siswa sesuai nilai dan prestasi siswa.

    "Kalau kami menggunakan UN, tapi kementerian tidak menggunakan, tentu akan terjadi dualisme, apalagi UN itu hanya menilai kompetensi, sedangkan kami sudah lama menggunakan penilaian prediksi," katanya.

    Bahkan, PTN se-Jatim juga masih menerapkan standarisasi ke-Indonesia untuk menerima siswa dari seluruh provinsi secara merata. "Kami tidak akan menyamakan nilai siswa di Papua dengan Jatim, tapi kami punya keberpihakan secara adil," katanya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.