Walah, Surat Bebas Virus Corona Dijual Secara Online

Surat bebas virus corona rekayasa kini diperdagangkan bebas di e-commerce di Indonesia.

Walah, Surat Bebas Virus Corona Dijual Secara Online Surat Keterangan Bebas Corona - (Solopos.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Keinginan bisa bebas bepergian di saat pandemi Covid-19 membuat masyarakat melakukan sejumlah cara. Salah satunya dengan berburu surat bebas virus corona rekayasa yang kini diperdagangkan bebas di e-commerce di Indonesia.

    Sejak pemerintah memberlakukan surat keterangan sehat bebas virus corona (Covid-19) bagi pihak yang ingin bepergian, ada saja ide masyarakat untuk merekaya surat tersebut.

    Dikutip dari Bisnis.com, saat ini surat tersebut diperdagangkan bebas di e-commerce di Indonesia. Harga yang dipatok terbilang murah dan tidak perlu melalui tes kesehatan.

    Benarkah Perpanjangan PSBB Bikin Masyarakat Galau?

    Dari penelusuran Bisnis.com, surat sehat bebas virus corona (Covid-19) dijual dengan harga Rp70.000 di aplikasi belanja online di Indonesia.

    Padahal untuk memperoleh surat itu harus menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan. Seperti tes cepat (rapid test) atau tes usap tenggorokan (PCR/swab test) dengan hasil nonreaktif pada periode maksimum tujuh hari sebelum keberangkatan.

    Surat keterangan sehat tersebut menjadi syarat penting untuk naik pesawat. Dalam situs maskapai, setiap penumpang yang akan melakukan penerbangan wajib mematuhi ketentuan protokol kesehatan terkait Covid-19.

    Protokol kesehatan tersebut di antaranya selalu menggunakan masker selama di bandara dan di dalam pesawat. Selain itu, penumpang diminta menjaga jarak secara fisik (physical distancing).

    Hendak ke Malang, 5 Pemudik Asal Solo Terjaring Razia di Exit Tol Madiun

    Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan

    Ketika berada di check-in counter, penumpang wajib menunjukkan surat keterangan sehat. Maskapai mewajibkan setiap penumpang membawa surat keterangan sehat bebas dari Covid-19 yang diperoleh dari dokter rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

    Tidak hanya naik pesawat, masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadu pun membutuhkan surat semacam surat bebas corona tersebut. Warga Laweyan, Solo, Andika Tito Nur Rofiq, yang pulang kampung dari Depok, mengaku bisa lolos sepanjang perjalanan mudik karena membawa setumpuk berkas surat keterangan sehat.

    Pemkot Madiun Persilakan Restoran dan PKL Sediakan Makan di Tempat

    “Kendaraan yang penuh pasti diminta putar balik. Saya sendirian dan membawa berkas berisi keterangan kesehatan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga sehingga bisa lanjut perjalanan,” kata dia, akhir April 2020.

    Andika menjelaska sebelum melakukan perjalanan mudik, Andika mengikuti uji rapid test, foto thorax, dan tes hemalogi, dengan hasil yang menyatakan sehat. Berkas tersebut menjadi senjata meminta izin kepada petugas gabungan sepanjang perjalanan mudik.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.