Wali Kota Madiun Bakal Bangun Restoran Sajian Kuliner Porang di PSC

Wali Kota Madiun Maidi berencana membangun ekosistem perekonomian baru dengan memanfaatkan umbi porang.

Wali Kota Madiun Bakal Bangun Restoran Sajian Kuliner Porang di PSC Wali Kota Madiun Maidi bersama  Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mencicipi olahan makanan dari porang di kawasan Ngrowo Bening, Selasa (9/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wali Kota Madiun Maidi berencana membangun ekosistem perekonomian baru dengan memanfaatkan umbi porang. Menurutnya, porang memiliki potensi ekonomi yang sangat bagus.

    Dalam hal ini, Maidi meresmikan demplot budidaya porang di dataran rendah dan tanam porang dengan media planter bag di Ngrowo Bening, Selasa (9/11/2021).

    Dia berencana akan memfasilitasi kelompok tani untuk mendirikan restoran yang menyediakan kuliner olahan porang. Selain itu, olahan porang akan dipadukan dengan makanan khas Madiun, seperti pecel.

    Bekali Alumni dengan Ilmu Kewirausahaan, Unipma Hadirkan Pengusaha Sukses

    “Saat ini masih kita konsep. Nanti di Pahlawan Street Center akan ada restoran yang menyajikan menu ini. Seperti pecel porang, lempeng porang, rendang porang. Daging rendang tanpa lemak. Tadi saya sudah coba, rasanya enak sekali,” kata dia.

    Menurutnya, porang ini menjadi salah satu makanan sehat. Apalagi, sentra tanaman porang ada di Kabupaten Madiun. Sehingga bahan bakunya pun bisa dibilang mudah didapatkan.

    Wali Kota Madiun Maidi menanam benih porang di media planter bag di kawasan Ngrowo Bening, Selasa (9/11/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    “Kita hadir untuk membantu mempertahankan hasil produksi porang. Karena kota ini kan segmennya banyak. Tamunya banyak. Sehingga kalau butuh menyicipi olahan porang cukup di kota saja,” ujar dia.

    Maidi mengaku sudah menyiapkan tempat untuk rumah makan produk porang ini. Yakni di Pahlawan Street Center, tepatnya di depan kantor PT Telkom. Ditargetkan rumah makan itu sudah beroperasi akhir tahun ini.

    Alhamdulillah, 579 Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok di Madiun dapat BLT Rp1,2 Juta

    Pecel porang ini, menurutnya, tentu akan menjadi produk kuliner yang unik dan menyehatkan. Konsep kuliner sehat ini juga akan dipadukan dengan minuman dan sup sarang burung walet dan madu.

    “Jadi pemerintah memberikan tempat. Silakan itu dikelola secara bersama, jadi ada yang petaninya, ada yang jadi kokinya, dan ada yang bagian menjualnya,” katanya.

    Peresmian demplot budidaya porang ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan gowes rangkaian kunjungan kerja Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

    Dalam kunjungan kerja itu, Wali Kota Probolinggo itu juga diajak mengunjungi beberapa lapak UMKM yang ada di Kota Madiun. Seperti di Lapak Pesona Kelurahan Madiun Lor, Lapak Kelurahan Oro-Oro Ombo, dan Lapaj Donopuran Kelurahan Taman. (ADV)



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.