BPBD Madiun Klaim Wilayahnya Tak Alami Kekeringan, Ini Alasannya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun menyebut di wilayahnya tidak ada desa yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

BPBD Madiun Klaim Wilayahnya Tak Alami Kekeringan, Ini Alasannya Ilustrasi kekeringan.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun menyebut di wilayahnya tidak ada desa yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Sehingga kebutuhan air bersih masyarakat dipastikan tidak akan ada kendala.

    Kepala BPBD Kabupaten Madiun, Muhamad Zahrowi, mengatakan Kabupaten Madiun ini lokasinya berada di cekungan dua gunung besar, yaitu Gunung Wilis dan Gunung Lawu. Sehingga kebutuhan air bersih tidak pernah ada masalah.

    "Wilayah kita kan berada di cekungan dua gunung. Saat musim kemarau tidak ada kekeringan. Paling debit air menurun. Tapi itu terjadi di semua daerah," jelasnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

    Ada Gangguan! Listrik di Wilayah Madiun Raya Mati Serentak

    Rowi menuturkan selama ini sebagian besar masyarakat Madiun mendapatkan air bersih dengan membuat sumur. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan air bersih dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

    Namun, dia menyampaikan ada beberapa waduk yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian mengalami penurunan debit air. "Yang biasanya mengalami kekurangan air justru di lahan pertanian. Untuk irigasi," ujarnya.

    Banjir Terjang Ngadirojo Pacitan, Sejumlah Tiang Listrik Roboh

    Untuk musim kemarau pada tahun ini diperkirakan akan berlangsung sampai pertengahan November.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.