Kasus Positif Tinggi, Kota Madiun Zona Merah Covid-19

Tiga kabupaten/kota di Jawa Timur berada dalam zona merah Covid-19.

Kasus Positif Tinggi, Kota Madiun Zona Merah Covid-19 Sebaran zonasi kasus Covid-19 di Jatim. (istimewa)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Tiga kabupaten/kota di Jawa Timur berada dalam zona merah Covid-19. Salah satunya adalah Kota Madiun.

    Selain Kota Madiun, dua daerah yang ditetapkan zona merah Covid-19 adalah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Satgas Penanganan Covid-19 Jatim merilis perubahan zona tersebut pada Selasa (29/6/2021).

    Sebelumnya, ada tiga kabupaten di Jatim yang menjadi zona merah Covid-19, yakni Bangkalan, Ponorogo, dan Ngawi. Namun, pada pekan ini ketiga daerah tersebut sudah berubah menjadi zona oranye.

    Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril, mengatakan Kota Madiun, Bondowoso, dan Banyuwangi sebelumnya masuk zona oranye Covid-19. Namun, pada pekan ini ketiga daerah itu berubah menjadi zona merah.

    Membanggakan! Atlet Panahan Madiun Borong 6 Medali dari Kompetisi Nasional

    “Kita lihat penambahan kasus harian di tiga daerah tersebut cukup tinggi, dan angka kematian juga lumayan,” ujar dia yang dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (30/6/2021).

    Jibril menuturkan tiga daerah yang sebelumnya masuk zona merah, Bangkalan, Ponorogo, dan Ngawi, kini masuk zona oranye Covid-19.

    “Pasca intervensi dari Satgas Jatim yang dikomando oleh Ibu Gubernur khususnya di Bangkalan yang selama ini telah menjadi fokus dengan PPKM Mikro dan penambahan RS Darurat Lapangan, ditambah dengan ekspansi bed maupun penguatan PPKM Mikro di Ngawi dan Ponorogo. Ketuga daerah tersebut sudah terbebas dari zona merah,” kata dia.

    Dia berpesan kepada pemerintah daerah supaya serius menangani lonjakan kasus Covid-19 saat ini. Tiga daerah yang menjadi zona merah, Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun, akan menjadi sasaran intervensi.

    BOR di RS Rujukan Covid-19 Jatim Wilayah Barat Diklaim Aman

    Sebagai informasi, detail zonasi di 38 Kabupaten/Kota di Jatim, Zona Merah (3 Kabupaten/Kota) yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun. Zona Oranye (34 Kabupaten/Kota) diantaranya Trenggalek, Jember, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Situbondo, Pacitan, Kabupaten Kediri, Jombang, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Tulungagung, Gresik, Magetan, Kota Kediri, Kota Malang, Sampang, Kota Probolinggo, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Nganjuk, Kota Surabaya, Kota Batu, Bojonegoro, Tuban, Kota Mojokerto, Lamongan, Kabupaen Madiun, Lumajang, Pamekasan, Bangkalan, Ngawi, Ponorogo, Sumenep. Zona Kuning (1 Kabupaten/Kota) yaitu Kabupaten Probolinggo.

    Data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Madiun, per tanggal 30 Juni 2021, ada penambahan kasus positif sebanyak 36 orang, pasien sembuh bertambah enam orang, dan pasien meninggal dunia bertambah dua. Dengan demikian, total kasus Covid-19 di Kota Madiun sebanyak 3.251 orang, pasien sembuh 2.777 orang, dan pasien meninggal 222 orang.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.