Keren! Unair Jadi Kampus Terbaik Keempat di Indonesia Versi THE WUR 2022

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masuk dalam jajaran group rangking 4 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Keren! Unair Jadi Kampus Terbaik Keempat di Indonesia Versi THE WUR 2022 Kampus Universitas Airlangga. (unair.ac.id)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masuk dalam jajaran group rangking 4 sebagai kampus terbaik di Indonesia. Hal ini menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education University Rankings 2022.

    Pemeringkatan kampus ini diikuti 1.661 universitas dari 99 negara di dunia. Pemeringkatan ini secara resmi dirilis melalui laman THE WUR pada Kamis (2/9/2021).

    Rektor Unair, Mohammad Nasih, mengatakan meski terhitung baru masuk dalam pemeringkatan tersebut, namun Unair berhasil menduduki posisi yang bisa diperhitungkan yaitu pada posisi 1201+.

    Mantap! Ibu-Ibu di Madiun Bikin Tas Anyaman Plastik, Tembus Pasar Ekspor

    “Ini patut disyukuri, ada lompatan yang cukup signifikan. Sebagai new comer ini hal yang sangat luar biasa,” kata Nasih yang dikutip dari unair.ac.id, Sabtu (4/9/2021).

    Pemeringkatan itu berdasarkan lima indikator penilaian sebagai metodologi. Lima indikator yang digunakan THE WUR adalah teaching, research, citations, industry income, dan international outlook.

    Secara umum nilai Unair berada di kisaran 10,6-22,3, dengan rincian penilaian teaching 21,5, research 10,7, citations 18,3, industry income 36,5, dan international outlook 34,2. Penilaian itu menempatkan Unair pada posisi group rangking 4 di Indonesia.

    Nasih menyampaikan indikator penilaian yang paling rendah bagi Unair yaitu di industry income.

    “Artinya belum cukup banyak penghasilan yang bisa kita peroleh dari industri. Tapi saya yakin ini hanya soal data dan pengakuan. Tahun depan ketika proses hilirisasi kita sudah jalan, kita akan masuk ke penambahan industry income,” kata dia.

    Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Sidoarjo, Nelayan: Tidak Mengganggu

    Berkaca dari lima indikator yang diberikan THE WUR, kata Nasih, riset para peneliti bukan hanya berdampak pada naiknya publikasi dan sitasi. Tetapi juga dapat mendatangkan pendapatan bagi institusi.

    Pihaknya berharap Vaksin Merah Putih yang sesuai rencana akan diproduksi massal tahun depan dapat mendatangkan industry income yang cukup signifikan bagi Unair.

    Dalam pemeringakatan ini, selain Unair ada 13 universitas lain di Indonesia baik negeri maupun swasta yang masuk dalam pemeringkatan THE WUR.

    “Mudah-mudahan tahun depan kita bisa masuk posisi yang lebih baik lagi,” kata rektor.

    Untuk peringkat pertama ada Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan peringkat ketiga Universitas Pendidikan Indonesia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.