Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Sidoarjo, Nelayan: Tidak Mengganggu

Puluhan hiu tutul muncul di perairan utara Kabupaten Sidoarjo.

Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Sidoarjo, Nelayan: Tidak Mengganggu Hiu tutul yang muncul di perairan utara Sidoarjo. (detik.com)

    Madiunpos.com, SIDOARJO -- Puluhan hiu tutul muncul di perairan utara Kabupaten Sidoarjo. Kemunculan ikan bernama ilmiah Rhincodon Typus itu dianggap tidak mengganggu para nelayan yang sedang mencari ikan.

    Puluhan hiu tutup itu muncul di dekat muara Sungai Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati.

    Informasi yang dihimpun dari para nelayan, penampakan hiu itu terjadi sejak Rabu (1/9/2021). Saat pagi hari, hiu tutul ini muncul pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Sedangkan saat sore hari, hiu tutul ini muncul mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

    “Puluhan hiu tutul yang terlihat jinak menampakkan diri itu, kalau pagi mulai 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Kalau sore pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB,” kata nelayan warga Desa Gisik Cemandi, Herman Hidayat, 43, Jumat (3/9/2021).

    Kehabisan Uang, Emak-Emak Curi Susu dan Minyak Telon untuk Bayinya di Blitar

    Herman menuturkan puluhan hiu tutul itu biasanya muncul pada saat ada perubahan arah angin. Sehingga ada air keruh dan air jernih. Penampakan seperti ini bukan hanya pertama kali. Tetapi, kata dia, kali ini begitu banyak hiu tutulnya.

    “Jumlahnya banyak mas, sekitar puluhan lah. Saya tidak menghitung, tapi ikannya kelihatan jinak tidak mengganggu nelayan,” ujar Herman yang dikutip dari detik.com.

    Hal yang sama dikatakan nelayan lainnya, Suwarno, 54. Dia menyampaikan hiu tutul tersebut sering muncul. Dia mengatakan ikan hiu tutul tersebut menyebar atau tidak berkelompok.

    Innalillahi, Satu Lagi Perawat di Ponorogo Meninggal karena Covid-19

    “Seandainya itu berkelompok sangat bagus,” kata Suwarno.

    Dia menduga hiu tutul tersebut sedang mencari makanan. Sebab, saat ada peralihan arus angin banyak ikan di permukaan.

    “Diperkirakan hiu tutul itu mencari makan. Dengan kehadiran sekelompok hiu tersebut juga tidak mengganggu para nelayan yang sedang mencari ikan,” kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.