Nakes Positif Covid-19 di Blitar Tulari 3 Orang, 1 Kelurahan Diisolasi

Satu kelurahan di Blitar diisolasi lantaran ada warganya yang positif Covid-19.

Nakes Positif Covid-19 di Blitar Tulari 3 Orang, 1 Kelurahan Diisolasi Jalan di Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar ditutup karena Covid-19. (Detik.com)

    Madiunpos.com, BLITAR -- Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Blitar, Jawa Timur, positif terpapar Covid-19. Ia menularkan virus corona itu kepada tiga orang, salah satunya bapaknya.

    Bapak si nakes kemudian meninggal dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). Belakangan hasil uji swab nya menunjukkan positif Covid-19.

    Dampak dari adanya pasien Covid-19 tersebut Jl. Waru di RT 03/RW 03 , Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, ditutup.

    Cegah Persebaran Covid-19, Stasiun Madiun Diluncurkan Jadi Stasiun Tangguh

    Mengutip detik.com, data Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar mencatat, nakes perempuan berusia 45 tahun ini bekerja di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar. Dia mengalami gejala klinis sejak 16 Juni 2020, namun hasil rapid testnya non-reaktif. Kemudian di rapid test lagi 23 Juni dengan hasil reaktif. Kemudian langsung diambil tes swab.

    "Kemungkinan besar dia carrier sehingga menulari bapaknya (68). Tanggal 30 Juni bapaknya meninggal dengan status PDP. Namun sempat kami swab, hasilnya keluar bareng swab nakes tanggal 5 Juli. Keduanya terkonfirmasi positif," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kota Blitar, Muh Muchlis, Kamis (9/7/2020).

    Begitu menerima hasil itu, gugus tugas melakukan tracing terhadap 27 orang. Mereka terdiri 8 KK yang tinggal di enam rumah yang berdekatan dengan rumah pasien positif. Ke 27 orang langsung diambil tes swab, dan hari ini diterima hasil jika ada tambahan dua orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona.

    Terpapar Covid-19, Kasubbag Protokol Pemkab Sidoarjo Meninggal

    "Dua ini, yang satu anak nakes dan satunya teman bermainnya. Keduanya perempuan usia sebaya 9 tahunan. Karena tanpa gejala dan keluhan, ya namanya anak tetap bermain bersama anak tetangga sebelahnya," imbuhnya.

    Hari ini, gugus tugas kembali melakukan tracing terhadap 28 orang, selain 27 orang yang telah ditracing pada 5 Juli lalu. Ke 28 orang ini tinggal di selatan jalan lokasi rumah nakes.

    Isolasi Mandiri

    Camat Sananwetan, Heru Pramono mengatakan, karena di lingkungan itu ada empat yang positif Corona, maka warga sepakat melakukan isolasi mandiri. Jalan Waru ditutup total dan warga mendirikan posko diujung jalan untuk melarang warga luar memasukinya.

    Pengakuan Pembunuh Bocah 5 Tahun di Pasuruan Ini Bikin Jengkel

    "Ada empat warga sini yang positif. Jadi mereka sepakat melakukan karantina mandiri untuk mencegah penyebaran dan penularan Corona lebih luas lagi," jawab Heru.

    Sementara Sekretaris gugus tugas, Hakim Sisworo menyatakan Pemkot Blitar akan mencukupi kebutuhan pangan warga Rembang yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing.

    "Kami sudah mengirimkan makanan tiga kali sehari untuk 8 KK yang tracing awal. Mulai besok ditambah 6 KK yang kami kirimi makanan dan sembako, sampai hasil tes swabnya keluar. Besok yang 6 KK ini kami ambil tes swab-nya," tutur Hakim.

    Dua Anak Sembilan Tahun di Blitar Positif Covid-19

    Data paparan Corona di Kota Blitar, sampai Rabu (8/7) total ada 13 warga yang positif Corona. Dengan rincian, enam sembuh, enam dirawat dan satu meninggal dunia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.