Pandemi Covid-19, Inka Terkendala Proses Unloading saat Pengiriman Kereta

PT Industri Kereta Api (Inka) mengalami kesulitan dalam proses pengiriman kereta api yang akan diekspor ke luar negeri pada masa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19, Inka Terkendala Proses Unloading saat Pengiriman Kereta Dua trainset LRT pesanan PT KAI, Rabu (29/4/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api (Inka) mengalami kesulitan dalam proses pengiriman kereta api yang akan diekspor ke luar negeri pada masa pandemi Covid-19. Perusahaan pelat merah itu tidak bisa mengirimkan tenaga ahli untuk proses unloading atau bongkar di negara tujuan.

    Senior Manager PKBL CSR dan Stakeholder Relationship PT Inka, Bambang Ramadhiarto, mengatakan sejumlah kereta api yang akan dikirim ke luar negeri terkendala selama masa pandemi. Seperti proses unloading kereta di negara tujuan juga tidak bisa dilakukan secara langsung. Hal ini karena Inka tidak bisa mengirimkan tenaga ahli ke negara tujuan.

    Dia mencontohkan seperti proses pengiriman kereta api di Bangladesh dan Filipina. Proses unloading kereta dilakukan dengan bantuan tenaga lokal di negara tersebut. Artinya, tenaga lokal negara tersebut diberi petunjuk teknis oleh ahli dari Inka secara virtual.

    Duh, Satu Lagi Pedagang Pasar Nglames Madiun Terjangkit Covid-19

    “Jadi, karena tenaga ahli tidak bisa dikirim ke nagara tujuan. Sehingga, ada orang-orang lokal di negara sana diberikan petunjuk oleh tenaga ahli Inka lewat aplikasi Zoom atau secara online. Itu sudah berjalan dan berhasil dilakukan,” jelas dia kepada Madiunpos.com akhir pekan lalu.

    Bambang menyampaikan saat ini pihaknya masih merampungkan pengerjaan pesanan kereta api dari Bangladesh dan Filipina. Untuk pesanan dari Bangladesh masih beberapa kereta yang akan diselesaikan. Sedangkan pesanan dari Filipina yakni masih ada satu trainset kereta penumpang yang masih dikerjakan.

    Bersepeda Jadi Tren, Pasutri Muda di Madiun Ini Serius Geluti Usaha Rental Sepeda

    Selama masa pandemi Covid-19, PT Inka belum mendapatkan proyek pekerjaan baru. Pesanan yang kini dikerjakan merupakan proyek tahun sebelumnya.

    Selain masih mengerjakan pesanan kereta api dari Bangladesh dan Filipina, Inka juga saat ini masih merampungkan pesanan LRT Jabodebek pesanan PT KAI.

    “Empat trainset LRT sudah kita kirimkan. Kemarin mau mengirimkan satu trainset yang sudah jadi, tetapi ada larangan pengiriman. Sehingga pengiriman ditunda,” ujar Bambang.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.