PILKADA BANYUWANGI : Inilah Alasan PKB Akhirnya Dukung Calon Incumbent di Bumi Osing

PILKADA BANYUWANGI : Inilah Alasan PKB Akhirnya Dukung Calon Incumbent di Bumi Osing Ilustrasi Pilkada (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

    Pilkada Banyuwangi yang diikuti pasangan calon incumbent mendapatkan dukungan PKB.

    Madiunpos.com, BANYUWANGI – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi akhirnya memberikan dukungan kepada pasangan calon incumbent Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko dalam Pilkada Banyuwangi. Dukungan PKB dalam Pilkada 2015 di Bumi Osing itu diklaim demi menjaga keutuhan warga Nahdlatul Ulama (NU) dalam menghadapi hajatan demokrasi 2015 tersebut.

    Sebelumnya, PKB tak memberikan dukungan kepada pasangan calon incumbent Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko dalam Pemilihan Umum Kepala Daeran (Pilkada) Banyuwangi 2015. Pasangan calon incumbent tersebut didukung enam partai besar selain PKB, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrat. Partai berbasis warga NU ini justru mengusung pasangan calon sendiri, yakni HM Joni Subagio dan Ahmad Munib Syafaat.

    "PKB adalah partai yang dilahirkan oleh NU. Dalam Pilkada Banyuwangi, ada beberapa kader NU yang maju, sehingga kami tidak ingin antarkader ini pecah. Demi soliditas para kader dan memenuhi arahan para kiai, PKB akhirnya memutuskan mendukung pasangan Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko," ujar Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Thoriqul Haq saat dihubungi Detikcom, Selasa (28/7/2015).

    Thoriq mengatakan langkah PKB juga berdasarkan aspirasi warga NU Banyuwangi. Selama ini, kata dia, Anas mendapatkan dukungan 93% suara yang berasal dari para pengasuh pondok pesantren (ponpes), pengurus NU hingga di desa-desa. Selain itu atas dasar masukan para ulama dan kyai di Banyuwangi, PKB akhirnya menjatuhkan dukungan kepada pasanga calon Anas – Yusuf dalam Pilkada Banyuwangi.

    "PKB ingin menjaga agar keluarga besar NU tetap utuh dalam menghadapi kompetisi politik. Kami berkomunikasi dengan NU Banyuwangi agar semua kekompakan terjaga," imbuhnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.