PPKM Mikro Berlaku 9-22 Februari, Madiun Raya Jadi Prioritas di Jatim

Di Jawa Timur ada tiga wilayah yang akan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro. Ketiga wilayah itu adalah Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

PPKM Mikro Berlaku 9-22 Februari, Madiun Raya Jadi Prioritas di Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Minggu (7/2/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Di Jawa Timur ada tiga wilayah yang akan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro. Ketiga wilayah itu adalah Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

    Pelaksanaan PPKM tingkat mikro ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Mengingat kasus peningkatan positif Covid-19 di tiga wilayah itu masih tinggi. PPKM Mikro ini akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 22 Februari 2021.

    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan PPKM Mikro di Jawa Timur ini telah memiliki modal sosial atau program yang telah dirintis sejak delapan bulan lalu. Program itu adalah Kampung Tangguh Semeru.

    Biar Tepat Sasaran, Pemuda Madiun Mensurvei Calon Penerima Bantuan

    “Jadi kami berkomitmen melaksanakan PPKM Mikro melalui salah satu embrio yang dimiliki sejak delapan bulan lalu yaitu Kampung Tangguh,” kata Khofifah saat meninjau lokasi Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Minggu (7/2/2021).

    Dia menuturkan Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini merupakan inovasi yang diciptakan Polda Jatim bersama Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya, serta pemerintah kota/kabupaten di Jatim. Program ini berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong royong dalam penanganan Covid-19.

    Gubernur menyebut inovasi ini sesuai dengan rekomendasi WHO bahwa penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

    “Kampung Tangguh yang sudah ada di Jatim ini tentunya adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19,” jelas Khofifah yang dikutip dari siaran pers.

    Pemkot Madiun Bikin Kereta Isolasi untuk Warga Positif Covid-19

    Menurutnya kebersamaan dalam pelaksanaan Kampung Tangguh akan menciptakan empathy building dan social bonding untuk memutus rantai penularan virus corona.

    Jumlah KTS di Jawa Timur per tanggal 7 Februari 2021 mencapai 3.160. Jumlah ini diklaim akan terus bertambah.

    Berdasarkan Inmendagri No. 3 tahun 2021, Jawa Timur termasuk daerah yang mendapatkan instruksi untuk pelaksanaan PPKM Mikro dengan daerah prioritas Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.