Punya Limbah Masker Medis, Ini yang Harus Dilakukan

Limbah masker medis meningkat sejak pandemi Covid-19.

Punya Limbah Masker Medis, Ini yang Harus Dilakukan

    Madiunpos.com, MADIUN -- Limbah masker medis meningkat sejak pandemi Covid-19. Bagi masyarakat yang memiliki limbah masker medis diharapkan langsung dibakar.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, mengatakan penggunaan masker medis memang meningkat selama masa pandemi. Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah pembuangan masker medis tersebut.

    Dia menuturkan untuk limbah masker medis yang ada di puskesmas memang sudah ada pengelolanya. Pihak puskesmas telah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pembuangan limbah masker medis itu.

    Kisah Ruang di Film Omah Njero Karya Komunitas Film Ponorogo Masuk Short List FFI 2020

    “Kalau masker medis di puskesmas sudah ada pihak ketiga yang mengurus. Itu yang memusnahkan ya pihak ketiga,” kata dia, Jumat (25/12/2020).

    Sedangkan untuk limbah masker medis di rumah sakit biasanya dikelola sendiri. Karena di rumah sakit memiliki alat insinerator atau alat penghancur limbah.

    Menurutnya yang perlu menjadi perhatian adalah limbah masker medis milik masyarakat. Karena warga tidak memiliki tempat yang digunakan untuk pembuangan limbah berbahaya.

    Untuk itu, Soelis menyarankan supaya limbah masker medis itu bisa langsung dibakar. Sehingga limbah masker medis itu tidak disalahgunakan orang lain.

    Covid-19 Kota Madiun, 3 Pasien Meninggal dan 15 Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dalam Dua Hari

    “Kalau masker medis bekas tidak dihancurkan, itu bahaya. Takutnya nanti dibuat mainan anak-anak dan digunakan orang lain. Padahal kita tidak tahu di masker itu ada virusnya atau tidak,” ujarnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.