Srambang Park Ngawi, Lokasi Pertemuan Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan Yang Jadi Destinasi Wisata

Destinasi wisata alam Srambang Park di Jawa Timur menyimpan berbagai keindahan alam dan cerita mitos.

Srambang Park Ngawi, Lokasi Pertemuan Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan Yang Jadi Destinasi Wisata Air terjun Srambang Park di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Instagram/@heyykik_)

    Madiunpos.com, NGAWI Ada banyak destinasi wisata alam yang indah di kawasan Madiun Raya, Jawa Timur. Salah satunya adalah Srambang Park yang berada di Kabupaten Ngawi.

    Selain menyajikan pesona alam yang indah, Srambang Park juga memiliki kaitan dengan legenda Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan. Penasaran?

    Dikutip dari Wikipedia, Srambang Park adalah destinasi wisata berupa air terjun dan keindahan alam yang berlokasi di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Atau sekitar 5 km ke selatan dari Pasar Jogorogo, Ngawi. Air terjun di Srambang Park ketinggiannya mencapai 25 m atau 3.265 m di atas permukaan laut (mdpl).

    Selain air terjun, Srambang Park memiliki banyak wahana wisata yang berdiri di lahan seluas 11 hektar ini. Selainpemandangan alam khas pedesaan asri, terdapat kolam pemandian, aliran sungai yang jernih, pepohonan, jembatan bambu, payung warna-warni yang sengaja digantung, serta spot foto yang Instagramable.

    Murah! Ini 5 Makanan Enak Khas Ponorogo, Di Bawah Rp10.000

    Aneka payung warna-warni di Srambang Park, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Instagram/@romasivorens)

    Salah satu spot foto menarik adalah wahana jembatan bambu warna-warni di pinggir jalan. Jembatan itu dibuat di atas taman lengkap dengan pondok kecil sebagai tempat istirahat atau berswafoto.

    Selain jembatan bambu, jembatan kayu juga ada di sini, melintang di atas sungai. Bentuknya yang unik dan serasi dengan nuansa alam membuat jembatan ini begitu digemari pengunjung yang ingin berswafoto.

    Kisah Pria Yang Kunjungi Makam Istrinya 3 Kali Setiap Hari Ini Bikin Haru

    Fasilitas yang tersedia di Srambang Park terbilang lengkap seperti area parkir yang luas, musala, banyak kamar mandi atau toilet, serta warung makan di sekitar lokasi wisata. Harga Tiket masuknya juga cukup terjangkau hanya Rp15.000.

    Untuk menuju ke lokasi ini sangat mudah karena Anda akan menemui banyak papan penunjuk arah. Jadi jangan khawatit kesasar.

    Mitos

    Selain terkenal karena keindahan alamnya, objek wisata Srambang Park juga terkenal dengan mitosnya. Mitos yang beredar di masyarakat setempat erat hubungannya dengan cerita pertemuan Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan.

    Dikisahkan, Jaka Tarub akhirnya menikahi Dewi Nawang Wulan, seorang bidadari kayangan, setelah ia menyembunyikan selendang Dewi saat sedang mandi di air terjun bersama teman-temannya.

    Setelah mendapatkan kembali selendang miliknya dan mengetahui Jaka Tarub lah yang menyembunyikannya, Dewi Nawang Wulan memutuskan untuk kembali ke kayangan.

    Empat Penyanyi Top Ini Ternyata Berasal Dari Madiun Raya

    Sesaat sebelum berpamitan di air terjun tempat mereka pertama kali bertemu, Jaka Tarub meminta sang istri untuk sering menengok ia dan anaknya, Nawangsih. Kata menengok dalam bahasa Jawa adalah sambang atau nyambangi. Akhirnya air terjun itu diberi nama Srambang.

    Dikutip dari detik.com, konon ada 40 bidadari yang pernah mandi di air terjun Srambang Park. Dalam cerita, air terjun itu bisa membuat para bidadari itu awet muda. Mitos itu hingga kini masih diyakini kebenarannya oleh sebagian kalangan.

    Jadi, jangan kaget bila ada pengunjung yang membasuh muka di air terjun tersebut dan berharap bisa awet muda. Tak jarang pula pengunjung membawa botol kosong untuk diisi air terjun Srambang Park dan dibawa pulang.

    Anak Kuli Ngawi Ini Sukses Jadi Bintara Terbaik Polri

    “Jadi diyakini oleh para nenek moyang, kalau di air terjun itu yang ada aliran sungai di bawahnya, dipakai mandi para bidadari dari kayangan, termasuk Dewi Nawang Wulan,” terang pengelola Srambang Park Ngawi, Hariyanto. Atas dasar itu akhirnya mereka membuatkan tujuh buah patung bidadari di kolam susun tujuh.

    Haryanto juga menerangkan pengunjung harus membasuh muka sebanyak 40 kali. “Membasuh muka dengan ikhlas, 40 kali, di 40 kesempatan waktu, bikin awet muda. Dan itu sesuai jumlah bidadari yang turun ke bumi, ketika menemani Dewi Nawang Wulan. Yang sebenarnya tidak tujuh bidadari, tapi 40 bidadari,” terangnya.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.