Murah! Ini 5 Makanan Enak Khas Ponorogo, Di Bawah Rp10.000

Kabupaten Ponorogo memiliki jajanan khas yang murah meriah.

Murah! Ini 5 Makanan Enak Khas Ponorogo, Di Bawah Rp10.000 Pecel tumpuk. (Intsgaram/@Instagrame_ndro)

    Madiunpos.com, PONOROGO – Bagi Anda pencinta kuliner dan sedang berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, wajib hukumnya untuk mencoba beberapa makanan khas daerah ini. Selain terkenal enak, harganya sangat ramah kantong alias murah meriah. Cukup dengan Rp10.000, Anda bisa pulang dengan perut kenyang.

    Penasaran apa saja makanan itu? Simak ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

    Pecel Ponorogo

    Meski banyak daerah-daerah lain yang menyajikan pecel, namun pecel Ponorogo memiliki keunikannya sendiri. Makanan yang kerap disebut pecel tumpuk ini memiliki sambal kacang yang sangat kental dan terkenal lebih pedas. Pecel tumpuk biasanya didampingi beraneka macam sayuran seperti sayuran hijau, tauge, kemangi, lamtoro, dan mentimun.

    Pecel tumpuk disajikan dengan tumis mi dan kacang pedas. Jika masih kurang, Anda dapat menambahkan lauk pelengkap seperti tempe goreng, bakwan, atau rempeyek kacang. Satu porsi pecel ini dibanderol seharga Rp5.000 saja.

    Rujak Petis Welirang

    Rujak petis welirang. (Instagram/@ponorogokuliner)

    Sekilas tampilan rusak petis khas Ponorogo ini lebih mirip gado-gado ya. Namun kebanyakan orang mengatakan rasanya lebih mirip rujak cingur khas Surabaya walaupun tidak menggunakan cingur dan juga kaki kambing.

    Pedas dan manis menjadi ciri khas makanan asal Kota Reyog ini. Ditemani dengan sayuran hijau, lontong, serta guyuran sambal kacang yang dibaur dengan petis membuat cita rasanya menggoyang lidah.

    Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati kuliner ini, dapat mengunjungi salah satu tempat yang cukup terkenal yaitu Warung Rujak Petis Bu Tiek, dengan harga Rp7.000.

    Sega Tahu

    Sega tahu. (Instagram/@arifbarokah)

    Sega tahu atau nasi yang ditemani lauk tahu ini juga menjadi makanan ciri khas Ponorogo. Makanan ini disajikan dengan nasi putih, tahu putih potong yang sebelumnya dibalur dengan telur lalu digoreng, taburan bawang goreng, kacang goreng, seledri, tauge pendek serta guyuran kecap manis. Satu porsi sega tahu biasanya dijual seharga Rp5.000 hingga Rp.7000

    Gethuk Golan

    Gethuk Golan. (Instagram/@nindiapuuus)

    Berbeda dengan gethuk pada umumnya, makanan yang berasal dari Golan, Sukorejo, Ponorogo ini biasanya disajikan dengan ketan hitam, parutan kelapa, serta gula merah yang dicarikan. Cita rasa yang dihasilkan tentu manis dan gurih yang berasal dari perpaduan gula merah serta parutan kelapa.

    Jika ingin menikmati rasa khas gethuk ini, langsung saja datang ke Desa Golan, selain rasa khas yang didapat Anda juga bisa memperoleh harga murah, yakni seharga Rp2.000 hingga Rp3.000 saja.

    Es Dawet Jabung

    Es dawet jabung. (Instagram/@rullyrhoe)

    Selain makanan khasnya yang enak, Kabupaten Ponorogo juga punya minuman yang menyegarkan tenggorokan yakni es dawet jabung. Es ini berisi cendol, nangka, bubur ketan, serta grontol atau jagung rebus. Sedangkan untuk kuahnya terdiri atas campuran santan, air gula, serta sedikit garam.

    Cendol yang ada di es jabung biasanya berwarna putih karena terbuat dari tepung beras. Selain enak, cara penyajiannya juga unik loh. Para penjual ini biasanya menggunakan lepek di bawah mangkuk saat memberikan kepada pengunjung. Minuman populer ini dapat Anda temui di beberapa tempat di Ponorogo, jika tertarik cukup siapkan uang Rp2.500 saja ya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.