Ibu dan Anak Asal Surabaya Ini Raih Gelar Doktor Bareng, Cetak Rekor Bareng Pula

Sepasang ibu dan anak asal Surabaya berhasil meraih gelar doktor secara bersamaan di ITS Surabaya.

Ibu dan Anak Asal Surabaya Ini Raih Gelar Doktor Bareng, Cetak Rekor Bareng Pula Ibu dan anak peraih gelar doktor dari ITS Surabaya, Rika Rokhana dan Rarasmaya Indraswari. (detik.com/Istimewa)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Ibu dan anak asal Surabaya ini luar biasa. Selain kompak akan meraih gelar doktor secara bersamaan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mereka juga menorehkan rekor. Si anak mencatatkan rekor sebagai wisudawan termuda, sementara sang ibu menjadi wisudwan tertua.

    Ibu dan anak tersebut adalah Rika Rokhana dan Rarasmaya Indraswari. Keduanya akan mengikuti wisuda ITS ke-121 yang akan digelar di Graha Sepuluh Nopember ITS pada 14-15 Maret 2020 mendatang.

    Mengutip dari detik.com, Rika Rokhana menyabet wisudawan tertua pada perhelatan wisuda hari pertama dan Rarasmaya Indraswari yang biasa disapa Raras sebagai wisudawan doktor termuda.

    “Kreatifnya” Siswa SMP Kediri, Sulap Obat Antimabuk Jadi Obat Mabuk

    Tak hanya itu, Raras dinyatakan lulus program doktor dari Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) pada usia 24 tahun 7 bulan. Ini menjadikannya sebagai wisudawan doktor termuda saat ini.

    Mahasiswa program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) ini juga menjalani studi doktornya selama 4,5 tahun dengan disertasi berjudul Sistem Deteksi Osteoporosis Berdasarkan Fitur Cortical Bone Rahang Bawah pada Cone-Beam Computed Tomography (CBCT).

    Sementara sang ibu, Rika Rokhana, tercatat sebagai wisudawan tertua di usia 50 tahun 6 bulan. Rika berhasil menamatkan pendidikan doktornya lewat disertasi berjudul Bone Fracture Detection using a Three-Dimensional Ultrasonic Tomography System di Teknik Elektro ITS.

    Baru 15 dari 213 Desa di Ngawi Yang Cairkan Dana Desa, Ini Masalahnya

    Awalnya, Rika mengaku sedikit minder saat bekerja bersama rekan-rekan kuliah yang lebih muda. "Tapi karena kawan-kawan di lab sangat suportif, saya jadi merasa berjiwa muda juga," tutur Rika.

    Beri Teladan

    Rika yang menjabat sebagai Dosen Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini menyebut motivasinya menyelesaikan pendidikan doktor adalah demi memberikan contoh kepada anak-anaknya.

    Rika menambahkan ada nilai-nilai ketekunan, komitmen, dan memaksimalkan tujuan yang senantiasa ia tanamkan pada keluarganya.

    "Maka saya pun harus memberi contoh. Keluarga mendukung saya untuk memaksimalkan pendidikan saya sebagai dosen," jelasnya.

    Renovasi Alun-Alun Kota Madiun Telan Dana Rp1,7 Miliar

    Nilai-nilai yang Rika tanamkan kepada anak-anaknya diakui oleh Raras sangat berpengaruh pada kehidupannya. Ia mengaku sang ibu telah memberikan contoh yang luar biasa dalam menjalankan peran sebagai ibu dan perempuan yang berkontribusi di luar rumah. Kerja keras sang ibu menuntun Raras untuk serius dengan pilihannya dalam pendidikan.

    "Saya punya contoh yang sedemikian hebatnya, rasanya tidak pantas jika saya hanya bermalas-malasan," ungkap Raras.

    Terbukti, Raras berhasil lulus dari SMPN 1 Surabaya selama dua tahun, lulus dari SMAN 5 Surabaya selama dua tahun, dan menamatkan program sarjana Teknik Informatika ITS dalam tujuh semester.

    Murah! Ini 5 Makanan Enak Khas Ponorogo, Di Bawah Rp10.000

    Hingga akhirnya, Raras mengambil program PMDSU untuk meraih gelar doktor di jurusan yang sama. Kecintaannya pada matematika lah yang membuatnya memilih Teknik Informatika untuk digeluti.

    "Orang tua tidak pernah memaksa saya harus begini atau begitu," lanjut Raras.

    Tak hanya itu, keduanya juga memiliki topik penelitian yang berkesinambungan, yakni terkait dunia medis. Menurut Rika, penelitian Raras terkait deteksi osteoporosis lewat citra tulang rahang bawah dapat dikaitkan dengan penelitiannya terkait deteksi patah tulang dengan ultrasound.

    "Karena ternyata osteoporosis dapat meningkatkan risiko patah tulang," ungkap Rika.

    Pemkab Magetan Sedang Mencari Identitas Wilayah, Ada Ide?

    Keduanya mengaku kesinambungan topik penelitian tersebut bukan sesuatu yang disengaja. Raras sendiri menjelaskan topik disertasinya adalah lanjutan dari penelitian tugas akhir (TA) program sarjananya. Keduanya juga tak menyangka jika dapat wisuda bersamaan.

    "Kami baru tahu saat sidang terbuka kemarin kalau wisudanya akan bersamaan," tambah Raras.

    Sebagai ibu dan anak yang sama-sama menempuh pendidikan doktor, Rika dan Raras membagikan beberapa kisah unik yang mereka alami. Salah satunya bagaimana keduanya kerap saling mengingatkan untuk membaca jurnal atau berbagi metode-metode yang menunjang penelitian. Keduanya saling memberikan semangat untuk bisa menyelesaikan pendidikan doktornya.

    Rika dan Raras pun mengaku seluruh anggota keluarga turut mendukung. Rika menjelaskan, anggota keluarga kerap saling berbagi terkait ilmu yang baru mereka pelajari.

    Tangkap Pencuri Ponsel, Dua Siswa Madiun Ini Diganjar Penghargaan dari Polisi

    "Saat mendekati sidang tertutup bahkan anggota keluarga yang laki-laki tidak segan menggantikan sementara pekerjaan kami," kenangnya.

    Sebagai dosen, Rika berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak menyerah dan tetap fokus pada komitmen yang telah dipilih sejak awal. Sedangkan Raras berpesan kepada rekan mahasiswa program sarjana agar segera menentukan tujuannya.

    "Pasti ada jalan kalau mau berusaha," pungkas Rika. Luar Biasa.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.