Ampuh Mana Cuci Tangan Atau Pakai Hand Sanitizer?

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih ampuh membersihkan tangan daripada hand sanitizer.

Ampuh Mana Cuci Tangan Atau Pakai Hand Sanitizer? Ilustrasi--Hand sanitizer. (freepik)

    Hasil percobaan pada permukaan roti dengan perlakuan yang berbeda. (detik.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Hand Sanitizer kini tengah jadi buruan masyarakat, seperti halnya masker. Cairan antiseptik ini mengalami kelangkaan semenjak merebaknya virus Covid-19. Kelangkaan tersebut menjadikan harga hand sanitizer di pasaran melambung tinggi.

    Namun, apabila kesusahan mendapatkan cairan antiseptik tersebut, ada cara lain yang ternyata lebih ampuh. Cara tersebut adalah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

    Hal di atas dibuktikan dengan sebuah percobaan.

    Mudahnya Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Ini Caranya

    Melansir dari 7 news, Selasa (17/3/2020), seorang wanita bernama Jaralee Annice Metcalf di Amerika Serikat menunjukan sebuah percobaan sederhana dengan menggunakan sepotong roti. Jarale adalah seorang spesialis perilaku di Idaho, Amerika Serikat dan bekerja di unit autisme dengan murid anak-anak TK dan sekolah dasar.

    Hasil percobaan pada permukaan roti dengan perlakuan yang berbeda. (detik.com)

    Percobaan yang dilakukan pada tahun 2019 tersebut dilakukannya untuk menunjukkan betapa pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar.

    Melibatkan langsung anak didiknya, Jarelee menyiapkan lima potong roti yang dijadikan sampel. Masing-masing roti mendapatkan perlakuan berbeda.

    Ini Nih Cara Pakai Masker Yang Benar

    Roti pertama dibiarkan bersih tanpa tersentuh tangan atau benda apa pun. Roti kedua disentuh oleh tangan anak-anak dan sengaja dibiarkan dalam keadaan kotor.

    Roti ketiga disentuh oleh tangan yang sudah dicuci bersih dengan sabun dan air mengalir. Roti keempat disentuh oleh tangan yang dibersihkan hanya dengan hand sanitizer. Dan yang terakhir, roti kelima sengaja ditempelkan pada tablet Chroomebook yang ada di kelas.

    Hasil permukaan roti yang paling kotor (detik.com)

    Selanjutnya, kelima roti tersebut dimasukkan ke dalam kantung plastik transparan dan didiamkan selama satu bulan.

    Setelah satu bulan, roti yang terlihat paling kotor dan mengerikan adalah roti yang ditempelkan pada tablet Chromebook.

    Influencer Ini Bikin Tantangan Jilati Kursi Toilet, Yikess!!

    Di sisi lain, jamur terlihat tumbuh pada permukaan roti yang disentuh tangan kotor dan bahkan pada roti yang disentuh tangan yang sudah dibersihkan dengan hand sanitizer.

    Hasil roti setelah didiamkan selama satu bulan (detik)

    Sementara permukaan roti yang disentuh dengan tangan yang sudah dicuci dengan sabun dan air mengalir terlihat paling bersih. Dari percobaan inilah terbukti bahwa sabun dan air mengalir lebih optimal membersihkan tangan daripada hand sanitizer.

    Dikutip dari detik.com, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, mencuci tangan dengan air dan sabun adalah cara paling efektif membunuh dan menghilangkan kuman.

    Ibu dan Anak Asal Surabaya Ini Raih Gelar Doktor Bareng, Cetak Rekor Bareng Pula

    Sementara hand sanitizer yang berbahan alkohol hanya membantu menonaktifkan kuman. Jika tangan dalam kondisi sangat kotor, basah dan berminyak, tidak disarankan menggunakan hand sanitizer.

    Percobaan ini sekaligus membuktikan kalau hand sanitizer bukan solusi efektif untuk membunuh atau mencegah virus corona atau Covid-19. Cara yang paling direkomendasikan tetaplah mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.