Enam Pasien Covid-19 di Banyuwangi Sembuh, Ada Yang 4 Bulan Dirawat

Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi mencapai 55,5 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Enam Pasien Covid-19 di Banyuwangi Sembuh, Ada Yang 4 Bulan Dirawat Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi Widji Lestariono. (Antaranews.com)

    Madiunpos.com, BANYUWANGI -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyampaikan kabar gembira. Ada enam pasien virus corona jenis baru (Covid-19) yang telah dinyatakan sembuh. Sehingga jumlah pasien sembuh hingga saat ini sebanyak 20 orang.

    Namun demikian, gugus tugas juga mengumumkan adanya tambahan dua kasus baru Covid-19. Sehingga jumlah warga Banyuwangi yang terpapar virus corona sebanyak 36 orang.

    "Kami bersyukur setelah menjalani perawatan, ada enam pasien positif yang dinyatakan sembuh. Mereka adalah pasien nomor 3, 8, 20, 24, 26 dan 34. Saat ini dari 36 kasus Covid-19, sebanyak 20 orang telah sembuh," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi Widji Lestariono di Banyuwangi, Kamis (9/7/2020) malam.

    Di Banyuwangi, Warga Tak Bermasker Dihukum Hapalan Pancasila

    Menurut dia, angka kesembuhan pasien positif terus meningkat. Dihitung dari tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi mencapai 55,5 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional.

    "Semoga kesembuhan pasien Covid-19 ke depan terus meningkat dan penambahan kasus baru bisa kami tekan," katanya

    Secara khusus, lanjut dia, pihaknya bersyukur atas sembuhnya pasien Covid-19 nomor tiga yang merupakan seorang perawat. Karena pasien tersebut telah menjalani perawatan hampir empat bulan.

    Ternyata ini Cara Pria di Ngawi Pindahkan Rumah Dalam Semalam

    "Sejak Maret hingga saat ini, pasien 03 telah menjalani tes usap sebanyak 11 kali, hingga akhirnya dinyatakan sembuh. Yang bersangkutan merupakan pasien positif orang tanpa gejala atau OTG," paparnya.

    Ia juga mengumumkan ada tambahan dua kasus positif di Banyuwangi, yakni pasien nomor 35 dan 36. Pasien 35 saat ini sedang dirawat intensif di RSUD Blambangan, sedangkan pasien nomor 36 telah meninggal dunia.

    "Adanya penambahan pasien positif ini menjadi sebuah peringatan bagi kami semua. Bahwa saat ini masih terjadi penularan Covid-19. Sehingga disiplin terhadap protokol kesehatan wajib dilakukan oleh kita semua," katanya.

    Tambal Ban Tarik Ongkos Rp600.000, Pemkab Banyuwangi Akhirnya Turun Tangan

    Pasien Meninggal

    Ia menjelaskan, pasien 35 adalah seorang pria warga Surabaya karyawan perusahaan migas. Sebelumnya, pria ini ada riwayat perjalanan dari Banten, Purwokerto, dan Surabaya.

    "Yang bersangkutan lalu melakukan perjalanan bisnis ke Banyuwangi pada 26 Juni 2020. Pada 2 Juli 2020 melakukan pemeriksaan ke RSUD Blambangan karena ada gejala flu. Setelah diperiksa akhirnya dilakukan tes usap, dan hasilnya dinyatakan positif. Yang bersangkutan kini dirawat intensif di RSUD Blambangan," kata Rio.

    Sedangkan pasien 36, lanjut dia, seorang pria dan lama tinggal di Papua sebagai pedagang. Yang bersangkutan pulang ke Banyuwangi pada akhir Juni lalu.

    Gubernur Jatim Klaim Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Meningkat

    Pada 7 Juli 2020, pasien tersebut dibawa ke salah satu rumah sakit di Banyuwangi karena tidak sadarkan diri, yang sebelumnya disertai gejala batuk, sesak nafas dan lemah. Oleh pihak rumah sakit langsung dites usap untuk diuji.

    "Namun, malamnya pasien 36 meninggal dunia dalam status sebagai PDP dan telah dimakamkan sesuai standar Covid-19. Pada hari ini hasil tes usap keluar dan dinyatakan positif. Saat ini kami telah melakukan pelacakan dengan kontak erat pasien dan melakukan langkah lanjutan sesuai protokol," pungkasnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.