Selain Bikin Hati Bahagia, Berikut 6 Manfaat Jatuh Cinta

Jatuh cinta memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental bagi seseorang.

Selain Bikin Hati Bahagia, Berikut 6 Manfaat Jatuh Cinta Ilustrasi pasangan yang sedang jatuh cinta.(freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Jatuh cinta bisa dirasakan semua orang. Setiap orang  bisa merasakan cinta dimana saja, kapan saja, dan pada siapa saja yang dianggap pantas.

    Jatuh cinta adalah awal mula terbentuknya hubungan antara dua orang. Jika keduanya saling mendukung dan bersikap positif satu sama lain, manfaat jatuh cinta yang dirasakan bisa sangat signifikan.

    Orang yang sedang merasakan indahnya jatuh cinta biasanya selalu bahagia dan ceria saat menjalani apapun rutinitas dan aktivitasnya. Tak hanya membuat hati bahagia, jatuh cinta juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

    Pacar Diganggu, Alasan Remaja di Gresik Lakukan Pembunuhan Berencana

    Dilansir dari halodoc.com, Rabu (4/11/2020), jatuh cinta memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental seperti berikut.

    1. Membuat orang merasa gembira

    Jatuh cinta membuat seseorang selalu merasa gembira. Saat seseorang mengalami jatuh cinta, kadar neurotransmitter dopamine pada otak seseorang juga ikut mengalami peningkatan. Tidak hanya saat Anda jatuh cinta, kadar dopamine pada otak meningkat ketika Anda mengalami suatu hal yang dianggap menyenangkan. Inilah yang membuat rasa jatuh cinta seperti di mabuk asmara dan candu.

    1. Menurunkan tingkat stres dan depresi          

    Seseorang yang mengalami jatuh cinta lebih banyak tertawa yang membantu untuk menurunkan tingkat stres. Sebaliknya, jika Anda kehilangan seseorang yang Anda cintai dan sayangi, tentu Anda dapat meningkatkan risiko stres dan depresi. Kondisi jatuh cinta dikaitkan dengan peningkatan hormon oksitosin yang membuat terhindar dari stres maupun depresi.

    Debat Pilkada Tuban, Cabup Terjatuh

    1. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Jatuh cinta dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Menurut dr. Gian Gonzaga, pimpinan utama pada penelitian dan pengembangan eHarmony Labs mengungkapkan pasangan yang menghadapi masalah dan berargumen dengan kasih sayang memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pasangan yang sering bertengkar dengan tekanan emosi yang tinggi.

    1. Menjaga kesehatan jantung

    Menurut penelitian dari Pittsburg University, wanita yang menjalani pernikahan dengan bahagia memiliki gangguan kesehatan yang berhubungan dengan jantung lebih rendah dibandingkan wanita yang mengalami hubungan tidak sehat. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika Anda mengalami gejala kesehatan yang berhubungan dengan penyakit jantung, seperti nyeri dada.

    1. Jatuh cinta membuat umur lebih panjang

    Menurut Joseph Hullet, psikiater dan senior medical director dari OptumHealth mengatakan seseorang memiliki tingkat stres yang rendah ketika mereka memiliki hubungan yang harmonis dengan pasangan. Tingkat stres yang rendah meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Dengan begitu, seseorang terhindar dari berbagai gangguan penyakit dan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang-orang yang jarang merasakan jatuh cinta.

    Heboh Boikot Produk Prancis, Hotman Paris Ngotot Enggak Akan Ganti Nama

    1. Membuat kesehatan mental lebih baik

    Jatuh cinta dapat membuat kesehatan mental Anda lebih baik. Menurut Dr. Braverman dari Rutgers University, mengatakan beberapa partisipannya menunjukkan peningkatan dopamine ketika melihat foto atau gambar seseorang yang membuatnya jatuh cinta. Peningkatan hormon dopamine dalam tubuh berkaitan dengan perasaan optimis dan peningkatan energi.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.