Tak Disangka, Ternyata Menulis Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Menulis adalah kegiatan yang sering dianggap menjenuhkan. Namun ternyata menulis memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Tak Disangka, Ternyata Menulis Bermanfaat untuk Kesehatan Mental Ilustrasi menulis. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Banyak orang menganggap bahwa menulis menjadi kegiatan yang sulit dan menjenuhkan. Anggapan itu ternyata tidak sejalan dengan pendapat ilmuwan. Para ahli menilai kegiatan menulis sebagai hobi yang sangat menyehatkan.

    Para ahli sering memanfaatkan berbagai bentuk menulis, misalnya dalam jurnal, esai, dan kuisioner untuk membantu menyembuhkan luka batin akibat stres dan trauma.

    Menulis adalah kegiatan sejuta manfaat. Selain mengasah otak, menulis juga sangat berguna untuk kesehatan mental. Melansir dari hellosehat.com, Senin (14/12/2020), inilah manfaat menulis untuk kesehatan.

    Terpapar Covid-19 di Klinik Jember, Kepala Bea Cukai Banyuwangi Meninggal

    1. Membantu memulihkan emosi

    Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan. Menulis pikiran dan perasaan Anda setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membuat luka fisik lebih cepat sembuh, menurut sebuah studi oleh peneliti di Selandia Baru.

    Dalam studi ini, peserta yang pernah mengalami pengambilan biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan mengenai pikiran terdalam tentang apa pun selain perasaan atau keyakinan mereka. Kemudian setelah dua minggu, para peneliti mengamati kemajuan bekas luka yang ada di tubuh mereka. Hasilnya menunjukkan, mereka yang menulis tulisan ekspresif mengalami pemulihan lebih cepat daripada mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

    1. Mengubah cara berpikir pasien kanker

    Sebuah studi tahun 2008 dalam jurnal The Oncologist menunjukkan bahwa tulisan ekspresif dapat membantu pasien kanker dengan mengubah cara pikir, sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, ternyata pada temuan awal studi, sebuah latihan menulis selama 20 menit sudah dapat menyebabkan perubahan cara berpikir beberapa pasien mengenai penyakit mereka.

    Gara-Gara Ancam Anak Buah, Sekda Bondowoso Nonaktif Divonis 2,5 Bulan Penjara

    1. Membuat Anda lebih terorganisir

    Ketika Anda mengenal rasa cinta dan berkeinginan untuk menulis, Anda akan berusaha untuk menempatkan jadwal menulis di sela-sela hari Anda dengan lebih terstruktur. Penulis yang paling sukses akan membuat jadwal untuk menulis dan benar-benar meletakkannya di kalender.

    1. Membantu untuk tidur

    Menghabiskan waktu 15 menit di malam hari hanya untuk menuliskan apa yang Anda syukuri dapat membuat keajaiban terhadap tidur Anda, menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and well-being”. Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang.

    1. Membuat Anda berbicara lebih lancar

    Sebagian besar hal ini disebabkan oleh peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa yang konstan, termasuk editing, yang membuat Anda semakin memahami dasar tata bahasa yang benar. Terlebih lagi, upaya Anda untuk menemukan kalimat alternatif pada ide-ide sederhana tidak akan mati ketika berpaling dari tulisan Anda ke dunia nyata. Pada akhirnya, Anda akan lebih percaya diri saat berbicara.

    Kecelakaan Mobil Dihantam KA di Sragen: Puluhan Tentara & Sukarelawan Cari Pelda Eka Budi

    1. Membuat pikiran dan tubuh lebih baik

    Menurut sebuah artikel tahun 2005 di jurnal Advance in Psychiatric Treatment, manfaat menulis tulisan ekspresif tidak hanya dialami dalam jangka pendek, namun juga dalam jangka panjang. Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.